Seni Tutunggulan Padasari Sambut Tim BPNB Jawa Barat

Cimalaka, Korsum
Pentas Seni Tutunggulan di gelar di Desa Padasari dalam rangka penyambutan tim Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kementrian Kebudayaan Jawa Barat Pada Selasa (30/1).

Pertunjukan pelestarian budaya sunda yang digelar oleh lingkung seni Sripusakawargi di bawah Pimpinan Odah Jubaedah ini dalam pembuatan Dokumentasi Seni Banggreng Buhun Padasari.

Kepala Desa Padasari Kosasih dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dalam rangka pelestarian budaya sunda yang ada dilingkungan Desa Padasari, "Seni budaya di Padasari yang paling buhun adalah terebang, kemudian ningkat ke bangreng, tutunggulan yang mempjnyai nilai budaya paling tua sejak kerajaan mataram, dan sesuai dengan kemajuan jaman tutunggulan juga menjasi sebagai media komunikasi seperti ketika ada gerhana, pernikahan dan lain-lain". katanya.

Di tempat yang sama Ketua Rombongan BPNB H. Yudi mengatakan, BPNB adalah UPT langsung dari Dirjen Kebudayaan, yang keberadaan di Sumedang dalam  Penelitian Gong renteng di cisarua dan Pembuatan Dokumentasi Seni Bangreng di Padasari,  dalam rangka melestarikan seni tradisional dan membangun karakter budaya Indonesia dalam nilai seni tradisional untuk pembelajaran generasi penerus.**(macko)
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar