Tak Lampirkan Surat Ajuan Pengunduran Diri Calon Dapat Digugurkan

Kota, Korsum
Bagi bakal calon yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 yang berasal dari Anggota DPR, TNI, Polri, dan ASN, harus menyerahkan surat keputusan dari pejabat yang berwenang tentang pemberhentian status pekerjaan yang bersangkutan, paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara.
Hal tersebut, kata anggota KPU Sumedang Divisi Teknis dan Hubungan Antar Lembaga, Junan Junaidi, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serta PKPU nomor 15 Tahun 2017 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.
Namun begitu, surat pernyataan mengajukan pemberhentiannya yang dilampiri tanda terima pengajuan berhenti dari pejabat berwenang harus sudah diterima KPU 30 hari sebelum hari penetapan calon.
“Tapi untuk bakal calon Bupati petahana, harus sudah menyerahkan surat keputusan cuti yang diberikan Gubernur atas nama Mendagri pada hari pertama tahapan kampanye, yaitu tanggal 15 Februari 2018. Tapi sebelumnya, surat pengajuan cuti bakal calon petahana harus sudah diterima KPU sebelum hari penetapan calon,” katanya, Rabu (17/1) di kantornya.
Masih meunut Junan, masa cuti diluar tanggungan negara calon bupati petahana ini mulai 15 Februari sampai dengan 23 Juni. Setelah itu Bupati akan kembali aktif bertugas hingga saatnya serah terima jabatan Bupati kepada Bupati terpilih,
Sementara bagi calon yang tidak menyerahkan SK Pemberhentian dan tidak dapat membuktikan pengunduran diri masih dalam proses, dinyatakan tidak memenuhi syarat sesuai Ayat 5 Pasal 69 PKPU N0. 3 Tahun 2017, sehingga pencalonannya dapat digugurkan oleh KPU.

”Pasangan calon dari gabungan partai politik atau partai politik atau pasangan calon perseorangan yang tidak memenuhi syarat sebagaimana dimaksud terkait SK pemberhentian, tidak dapat mengusulkan calon pengganti,” pungkas Junan.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar