Tak Lolos Tes Kesehatan, Bapaslon Bisa Dibatalkan

 Kota, Korsum
Bakal Pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan wakil bupati bisa dibatalkan pencalonannya, jika tidak lolos dalam tes kesehatan.
Seperti dikatakan oleh Divisi Teknis pada KPU Sumedang, Junan Junaedi, bahwa untuk pasangan calon yang tidak lolos dalam tes kesehatan, maka tidak bisa ditetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumedang.
“Jadi nanti kita lihat hasil tes kesehatannya, kalau dinyatakan tidak lolos, maka tidak bisa ditetapkan sebagai paslon," ujarnya, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Kamis (11/1).
Untuk itu saat ini, kata Junan,  keenam bapaslon bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftarkan diri ke KPU, sedang mengikuti tes kesehatan yang dilakukan serempak di RS Hasan Sadikin bandung. “Alhamdulillah hadir semua dan sedang menjalani tes kesehatan," pungkasnya.
Sementara itu, Tim Pemeriksa Kesehatan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, dr Andri Mulya, mengatakan, sebelumnya pihaknya telah memberikan arahan kepada pasangan calon dalam mengikuti test kesehatan ini.
Menurut Andri, pemeriksaan meliputi pemeriksaan rohani, bebas penyalahgunaan narkotika, tes urin, dan pengambilan sampel darah tiap calon yang akan ikut berkontestasi di Pilkada Sumedang 2018.
"Kami sarankan sebelumnya mereka puasa sejak Jam 04.00, pagi. Lalu nanti mereka akan diberikan pengarahan dan pemeriksaan yang selanjutnya diambil sampel darahnya,” sebutnya.
Setelah itu, kata Andri, para kandidat mengikuti test Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). "Nanti juga akan dites MMPI untuk melihat kelainan kejiwaan dari para calon tersebut. Dan terakhir baru wawancara psikologi," katanya.
Sementara, para Bapaslon mengaku tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti tes kesehatan tersebut. Seperti dikatakan Bapaslon Bupati yang juga petahana Eka Setiawan, bahwa untuk menghadapi tes kesehatan kali ini dirinya tidak ada persiapan secara khusus. “Hanya puasa saja, jadi hingga saat ini saya masih puasa," tuturnya, usai melakukan registrasi di RS Hasan Sadikin, Kamis (11/1).

Hal senada dikatakan oleh Bakal Calon Bupati lainnya, Irwansyah Putra, bahwa dirinya juga tidak ada persiapan khusus, untuk menjalani tes kesehatan khusus. “Ya hanya puasa saja, tidak ada persiapan khusus," ucapnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar