Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Rehab 2 Unit Puskesmas

 Kota, Korsum
Dalam waktu dekat, dua unit gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisempur Kecamatan Jatinangor dan Puskesmas Sawahdadap Kecamatan Cimanggung akan segera dioperasikan.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang, Retno Ernawati, pengerjaan pembagunannya kedua Puskesmas tersebut sudah selesai bulan Desember lalu. Bangunan fisiknya sudah siap, namun belum bisa digunakan untuk kegiatan pelayanan kesehatan karena masih kosong.
“Bukan penambahan puskesmas tapi kita hanya merehab saja karena Puskesmas Sawahdadap dan Puskesmas Cisempur masih kurang representatif dan mamadai. Dengan bangunan baru ini, tentunya kami harapkan pelayanan kepada masyarakat di dua puskesmas itu bisa lebih baik lagi," ucapnya, beberapa waktu lalu.
Retno mengatakan, semakin cepat beroperasi tentu akan sangat baik karena keberadaan Puskesmas Sawahdadap dan Cisempur ini dinilai sudah cukup untuk melayani jumlah penduduk yang ada.
Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lanjut Retno, petugas medis puskesmas akan mengunjungi rumah warga di wilayah kerja puskesmas.
“Petugas medis tak boleh hanya menunggu kedatangan pasien yang berobat di puskesmas. Tapi juga harus aktif mendatangi rumah warga sebagai program pendekatan keluarga,” katanya.
Dituturkan, program pendekatan keluarga ini dilalukan petugas puskesmas dengan menemui keluarga, melihat dan menanyakan kondisi keluarga. Jika ada yang sakit, ditindaklanjuti dengan pemeriksaan kesehatan.
“Nanti kondisi keluarga itu akan didata sehingga data dan informasi dari profil kesehatan keluarga dapat menjadi intervensi awal bila ada masalah kesehatan," tutur Retno.
Untuk mendukung pelaksanaan layanan kesehatan itu, Dinkes memberikan reward berupa penghargaan dan hadiah sepeda motor untuk operasional bagi empat puskesmas yang berprestasi. Keempat puskesmas tersebut adalah Puskesmas Kotakaler, Situraja, Tanjungsari, dan Sukamantri.
"Penghargaan ini diberikan karena prestasi puskesmas yang telah berhasil meraih akreditasi madya, yaitu akreditasi untuk fasilitas layanan kesehatan dalam status lembaganya sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Semoga penghargaan sebagai motivasi bagi puskesmas yang lainnya," kata Retno.
"Bantuan motor ini juga akan sangat menunjang program  pendekatan keluarga. Dan puskesmas juga bisa melakukan pengadaan sepeda motor sendiri karena sudah menjadi BLUD," imbuhnya.
Puskesmas yang terakreditasi dengan baik bakal diminati masyarakat untuk mendaftarkan kepesertaan BPJS Kesehatannya.

“Jika banyak pasien BPJS terdaftar, maka jumlah dana kapitasi atau pendapatan yang diterima akan lebih banyak lagi. Sebab itu, pelayanan harus lebih ditingkatkan termasuk sarana dan prasarananya," pungkas Retno.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar