Baru 15 Puskesmas Yang Sudah Akreditasi


Kota, Korsum
Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang terus mengikutsertakan seluruh Puskesmas untuk diakreditasi. Namun begitu, dari 27 puskesmas di Sumedang, baru 15 Pukesmas yang telah diakreditasi.
Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Anna Hernawati Sabana mengatakan, dari 15 puskesmas yang telah dilakukan akreditasi 11 diantaranya telah keluar hasilnya, yaitu  5 Puskesmas terakreditasi Dasar dan 6 Puskesmas terakreditasi Madya.
“Sedangkan 4 puskemas lainnya, yaitu  Puskesmas Pamulihan, Margajaya, Jatinangor dan Darmaraja masih menunggu hasilnya,” katanya, Rabu (7/2), di kantornya.
Adapun puskemas yang terakreditasi Dasar, tutur Anna, yakni Puskesmas Buahdua, Ujungjaya, Cimalaka, Situ dan Sumedang Selatan. Sedangkan yang terakreditasi Madya adalah Puskesmas Kotakaler, Situraja, Tanjungsari, Cibugel, Rancakalong dan Sukamantri.
"Tentunya kita berharap dari 4 Puskemas yang akreditasinya belum turun ini kita mendapatkan hasil akreditasi Utama. Dan yang kita andalkan itu Puskesmas Darmaraja dan Jatinangor," terangnya.
Untuk tahun 2018 ini, lanjutnya, Dinkes juga akan mengajukan 12 Puskesmas, yaitu Puskesmas Tomo, Jatigede, Wado, Conggeang, Haurgombong, Sukasari, Cimangung, Tanjungkerta, Hariang, Cisitu, Cisarua dan Ganeas.
Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Anna menilai akreditasi ini penting dilakukan. Apalagi saat ini puskesmas sudah BLUD (Badan Layanan Umum Daerah).
"Banyak faktor yang mempengaruhi terhadap hasil akreditasi puskesmas ini. Selain sarana fisik Puskesmas, dari aspek administrasi, perencanaan, tata graha serta lintas sektoral juga menjadi bahan penilaian," pungkas Anna.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar