BPBD dan KODIM Sosialisasi Penanggulangan Bencana

Kota, Korsum
Kepala BPBD Kab Sumedang H. Ayi Rusmana bersama Intansi terkait dan Kodim 0610 Sumedang menggelar Sosialisasi “Peningkatan  dan Pengembangan Kapasitas Pusdalops PB dan TRC” Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2018 di Aula Kantor BPBD Kab Sumedang, Rabu (14/2/2018). 

Dikatakan acara itu digelar dengan maksud untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana menghadapi situasi tanggap darurat bencana di wilayah Kabupaten Sumedang, yang dianalisa memiliki beberapa kerawanan bencana alam, sehingga diperoleh gambaran yang sinergis bagi segenap instansi yang terkait dalam penanggulangan bencana yang kemungkinan terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang." Jelasnya.

Pada kesempatan itu, Dandim 0610 Sumedang Letkol Arm I Made Mertha Yasa, S.Sos menyampaikan materi tentang PERAN KODIM DALAM PENANGGULANGAN BENCANA.  Materi itu meliputi pokok-pokok tanggap darurat bencana, mekanisme pelibatan personel TNI AD di tingkat daerah, kriteria bencana alam, prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana alam, serta langkah-langkah yang dilakukan sebelum, selama dan pasca bencana. 

Sehingga apabila di wilayah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang diakibatkan oleh alam, pihak kodim dapat memberikan bantuan dengan segala upaya dan kepada Pemerintah Daerah, seperti  dalam proses Mitigasi Wilayah rawan bencana, menyiapkan potensi masyarakat dan kekuatan sumber daya daerah, mempersiapkan sarana dan prasarana di daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan penanggulangan bencana. Ucapnya

Dan yang paling utama Letkol Arm I Made Mertha Yasa, S.Sos menegaskan pihak dapat melakukan koordinasi dengan dinas (intansi) terkait pada tataran BPBD Kabupaten Sumedang serta dapat membantu mengendalikan penanggulangan bencana di daerah sesuai dengan kriteria bencana yang dihadapi dengan mengerahkan segenap kekuatan dan kemampuan Aparat Kewilayahan yang dimiliki. Ujarnya**(Arif|Pendim)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar