Jembatan Gantung Akses Ciselang-Cikalong Diperbaiki


 Tomo, Korsum
Sejumlah landasan pijak yang telah rusak terdapat di jembatan gantung penghubung Dusun Ciselang-Cikalong, Desa Tomo Kecamatan Tomo, diperbaiki dengan cara diganti dengan material baru. Kepala Desa (Kades) Tomo, Sahlan Romansah, mengatakan, pasca dibangunnya jembatan gantung itu, diperlukan pula operasional untuk perawatan dan pemeliharaan akses tersebut.

“Diantaranya untuk mengganti landasan pijak yang sebelumnya memakai papan yang tidak bisa tahan lama dan mudah keropos, sangat mengkhawatirkan pengguna jembatan. Demi keselamatan dan kenyamanan, pemerintah desa mengalokasikan dana untuk mengganti papan itu dengan plat easer agar lebih kuat dan awet,” jelas Sahlan, di ruang kerjanya, Selasa (6/2). Jembatan dengan panjang sekitar 120 meter yang hanya dapat dilintasi satu arah kendaraan motor roda dua itu, membentang di atas lebar Sungai Cimanuk.

Lantaran keterbatasan untuk memperbaiki jembatan berukuran panjang tadi, maka pada 2017 lalu baru dapat dilaksanakan perbaikan untuk sepanjang 40 meter. Sedangkan sisanya akan kembali dianggarkan pada 2018 sekarang dengan panjang sekitar 80 meter.

 “Jembatan ini sangat diperlukan warga Ciselang, Dusun Cikalong ataupun sekitarnya. Sebab keberadaan jembatan sangat membantu warga untuk memudahkan berinteraksi,” paparnya.

Selain itu, akses jembatan tersebut sangat membantu roda perekonomian masyarakat dengan cara mengangkut hasil panen dan kegiatan ekonomi lainnya seperti perdagangan. “Banyak sekali manfaatnya. Ada warga sakit memudahkan pergi berobat setiap saat lewat jembatan ini. Maka kita harapkan semua warga memanfaatkan dan memeliharanya,” ungkap Sahlan.

Sebelum memiliki jembatan gantung, warga sekitar sangat kesulitan melintasi Sungai Cimanuk, mereka harus menggunakan perahu sebagai akses penyeberangan. **[F.Arif]


Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar