Karena Belum Melunasi Utang Dan Melanggar UKL/UPL, Pol PP Dan Muspika Tutup Disposal Girimukti

 Sumut, Korsum
Muspika Sumedang Utara dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang pada Jumat (2/2) kemarin bersama sama telah menutup Disposal (Pengurugan Tanah) PT.Bangun Rafi Jali (BRJ) yang bekerjasama dengan Desa Girimukti Sumedang Utara untuk tanah aset desa yang disewakan dalam perjanjian awal pada 16 September 2016 dengan nilai Rp 600 juta lebih dan baru dibayarkan sebesar kurang lebih Rp 350 jutaan, hingga kini sisa utang PT. Bangun Rafi Jali kepada desa sebesar kurang lebih Rp 250 jutaan belum dilunasinya.

Luas lahan milik aset Desa Girimukti yang dikerjasamakan dengan PT. BRJ tersebut 12,6 Ha di blok Pasir Dua, blok Malaka dan blok Tarengtong dusun Binong Rw 12. Dan yang tertuang didalam UKL/UPL itu tercatat kapasitas urugan hanya 500 kubik, namun, pada kenyataannya di atas 2 juta kubik artinya hal tersebut akan berdampak kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Mengenai permasalahan tersebut, dikonfirmasi Korsum, Jumat (2/2), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang H. Asep Sudrajat membenarkan telah menutup disposal di Desa Girimukti bersama dengan Muspika Sumedang Utara, adapun penutupan disposal itu dikarenakan belum melunasi sisa sewa dan melebihi kapasitas yang tertuang di UKL/UPL.

“Tanah aset Desa Girimukti Kecamatan Sumedang Utara telah menyewakan kepada PT.BRJ pada tahun 2016 yang lalu, terkait dengan harga sewa tersebut, bisa dibilang sangat murah dan tidak sesuai dengan harga sewa yang umum meski sewa menyewa itu sudah terjadi, dan hingga saat ini masih menyisakan utang sewa kepada Desa Girimukti. Selain itu, PT. BRJ pun melanggar ketentuan yang tercantum di UKL/UPL bahwa didalam UKL/UPL tercatat untuk pengurugan maksimal 500 kubik pada kenyataan nya PT. BRJ itu melebihi ketentuan hingga 2 juta kubik, maka dari itu, kami bersama sama dengan Muspika menutup sementara kegiatan disposal oleh PT,BRJ,” tegasnya.**[Dady]    
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar