Langgar Netralitas ASN Sanksi Kadisdik Tunggu Keputusan Inspektorat

Kota, Korsum
Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang, menyatakan bahwa Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) melanggar Netralitas ASN. Dan untuk itu rekomendasi untuk sangsi sudah dilayangkan ke Inspektorat Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut dikatakan oleh Divisi Hukum, Penindakan dan Pelanggaran, Ade Sunarya bahwa, terkait adanya dugaan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang saat pembagian SK honorer di Gedung Tajimalela. pihaknya sudah melayangkan surat ke Inspektorat untuk ditindaklanjuti."Karena masih belum ditetapkan sebagai calon maka yang berhak memberikan sangsi adalah Inspektorat. Nanti kalau sudah ditetapkan baru kalau ada temuan lagi ASN itu kewenangannya ada di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)." tegasnya pada Korsum diruang kerjanya, Rabu (8/2).

Lebih lanjut Ade mengatakan, sebelumnya pihak Panwaslu sudah memanggil yang Kepala Dinas Pendidikan, Sonson Nurikhsan untuk dimintai klarifikasi, sesuai dengan temuan yang di dapat Panwaslu."Waktu dipanggil dan kita perlihatkan videonya, beliau tidak mengelak dan mengakuinya. Dan Sonson juga mengaku bahwa kegiatan tersebut sudah direncanakan jauh jauh hari." tuturnya.

Ade juga menerangkan, bahwa Kadisdik sudah melanggar Undang Undang Aparatur Sipil Negara No. 5 Tahun 2014."Jadi dari kami sudah melayangkan rekomendasi bahwa Kadisdik sudah melanggar kode etik PNS, dan kita berharap Inspektorat Sumedang menindak sesuai kode etik. Dan juga sesuai dengan PP No 42 tahun 2014 tentang Pembinaan Korps dan Kode Etik PNS." ucapnya

Ade berharap, agar dengan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Kadisdik ini bisa menjadikan contoh bagi ASN agar tidak melanggar UU ASN ataupun Kode Etik PNS."Saya himbau agar ASN menjaga netralitas Pilkada," tandasnya ** Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar