Paska Kades Lingga Jaya Ditahan, Dinas PMD Lakukkan Koordinasi

 Kota, Korsum
Tahun 2013 lalu, Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu salahsatu desa yang mendapatkan bantuan program pembangunan infrastruktur perdesaan (P2IP) sebesar Rp 250 juta dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk pengaspalan jalan desa. Namun, dalam pelaksanaannya diduga terjadi penyelewengan yang merugikan keuangan Negara sekitar Rp 110 juta.
Selain dari P2IP, anggaran dari APBD pun dikucurkan hingga ratusan juta yang diperuntukan sama untuk pembangunan jalan. Itu pun diduga kembali terjadi penyelewengan dalam anggarannya. Hal itulah yang berakhir pada Rabu (1/2), Kades Linggajaya, Ano Sutarna, dijebloskan ke penjara, oleh Kejaksaan Negeri Sumedang.
Menurut Kepala Seksie Intelejen pada Kejaksaan Negeri Sumedang, Sopian Hadi, Rabu (1/2), bahwa penahanan Kades Linggajaya, setelah pihaknya menerima P21 dari Polres Sumedang yang menyatakan berkas sudah dianggap lengkap dengan minimal dua alat bukti serta adanya tersangka.
 “Memang benar pada hari ini Rabu (1/2), adanya penahanan terhadap tersangka, yakni Kepala Desa Linggajaya,” singkatnya.
Terkait dengan penahan Kepala Desa Linggajaya tersebut, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumedang, H. Nuryadin menjelaskan soal kekosongan jabatan kepala desa, dan pihaknya akan segera melakukan langkah langkah dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Cisitu dan Bagian Hukum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang.
Kami akan melakukan koordinasi dengan bagain hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, apakah dianggap perlu untuk adanya Plt atau tidak, dan kalau memang kebutuhan masyarakat mendesak, maka akan diupayakan untuk adanya Plt Kades Linggajaya dan memang masa jabatan Kepala Desa Linggajaya Ano Sutarna akan habis di bulan Juli 2018 mendatang, dan akan mengikuti Pilkades serentak ditahun ini,” jelasnya, saat Sabtu (2/2), saat dikonfirmasi Korsum, melalui telpon selulernya.
Hal sama dikatakan Camat Cisitu, Ari Kusnadi, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sumedang dan sudah melaporkan kepada Bupati Sumedang terkait dengan salah satu kepala desa di wilayahnya ada yang terseret persoalan hukum.

“Kami sangat kaget dengan penangkapan lalu ditahan salah satu kepala desa yang ada diwilayah kami yakni Kepala Desa Linggajaya Ano Sutarna. Persoalan hukum yang menjeratnya sudah lama yang katanya pembangunan jalan yang kasusnya ditangani oleh Polres Sumedang. Maka dari itu, kami langsung mengkoordinasikan dengan Dinas PMD Kabupaten Sumedang dan Bupati Sumedang untuk meminta petunjuk, dan hasilnya untuk sementara, tugas dan fungsi kepala desa ditangani oleh Sekretaris Desa Linggajaya,” terangnya, saat dikonfirmasi Korsum, Sabtu (3/2), melalui telepon selulernya.**[Dady]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar