Dinas PU PR Kembali Sosialisasikan RDTR PPL Jatinunggal


Kota, Korsum
Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Dinas PU PR) Kabupaten Sumedang dengan gencar sosialisasikan terkait dengan fungsi dari tata ruang per wilayah kecamatan. Kini, Kecamatan Jatinunggal telah memiliki Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Pusat Pelayanan Lingkungan (PPL) yang Implementatif sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan.
Kegiatan tersebut dilakasanakan di aula bidang Tata Ruang beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sumedang, Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, camat dan aparatur Kecamatan Jatinunggal serta desa se-Kecamatan Jatinunggal.
Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Sumedang, Sonny Nurgahara, mengatakan, maksud dari kegiatan tersebut adalah pembuatan peta dasar PPL Jatinunggal dengan penyesuaian terhadap standar pemetaan dan peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 65 tahun 2015 tentang pemberian mekanisme persetujuan substansi rencana rinci tata ruang wilayah Kabupaten/Kota.
“Tentunya, kegiatan ini, memiliki tujuan yakni tersedianya data pemetaan dengan menggunakan standar yang berlaku, dan dasar penyusunan informasi Geospasial sebagai dasar penyusunan RDTR dan penetapan ketentuan pengendalian pemanfaatam ruang dengan sasaran bisa terpenuhinya syarat persetujuan substansi dalam rangka pengesahaan Reperda RDTR yang terkoordinasinya pembangunan kawasan antara pemerintah dan masyarakat/swasta,”ungkapnya, saat dikonfirmasi Korsum, beberapa waktu lalu usai kegiatan sosialisasi itu.
Setelah hal tersebut terpenuhi, kata Sonny, maka Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumedang bisa meningkatkan perencanaan dalam pembangunan, serta sebagai bahan untuk perencanaan ruang yang lebih detail dan menjadi alat bantu dalam tugas pengaturan pembinaan dan pengawasan penataan ruang di Kabupaten Sumedang.
“Kecamatan Jatinunggal akan memiliki Pengadaan data citra satelit, indeks peta skala 1:5.000 Kecamatan Jatinunggal, dan data DSM Kecamatan Jatinunggal, sudah barang tentu hal tersebut akan lebih terbantu dalam pemanfaatan ruang dengan kaidah kaidah lingkungan yang bersih dan tertata rapih,” ucapnya.**[Dady]
v
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar