Disdukcapil Akan Keluarkan Suket Tanpa Rekam


Kota, Korsum
Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Sumedang dalam waktu dekat ini  akan keluarkan Surat Keterangan (Suket) tanpa harus melalui perekaman KTP Elekronik (E-KTP) bagi 700 hak memiliki KTP dengan surat keterangan terdaftar dalam data B Kependudukan.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Beni Triyadie diruang kerjanya, Selasa kemarin (13/3). Sekitar 27 ribu warga kata dia, sudah melakukan perekaman,  tapi belum cetak blangko e-KTP karena datanya masih invalid.
“Namun berdasarkan hitungan Disdukcapil bahwa cetak blangko e-KTP itu tidak akan terkejar hingga Juni (Pilkada serentak) karena terkendala data yang invalid. Disdukcapil fokus ke 14,900 yang saat ini sudah PRR siap cetak, sedangkan Suket yang dikeluarkan untuk memenuhi kekurangan daftar Pemilih Sementara (DPS),” tandasnya.
Dikatakan, Disdukcapil akan keluarkan Suket itu, sambil berjalan mencetak terus blangko e-KTP hingga Juni dimana pemilih pemula tepat berumur 17 tahun  di Pilkada serentak bulan Juni mendatang.  
“Saat ini, yang normal alat perekaman di 26 kecamatan hanya di 6 kecamatan yang bisa rekam dan langsung bisa kirim data ke pusat melalui online. Sementara kecamatan yang lainnya hanya bisa rekam tapi tak bisa kirim data. Seharusnya, Sumedang sudah ada pemutahiran alat rekam e-KTP,” sebutnya.
Dilansir koran ini sebelumnya, kepala Dinas Dukcapil Agus Rasjidi Seksarsyah menyebutkan, sedikitnya 700 warga Sumedang belum lakukan rekam e-KTP dari 836,757 warga hak memiliki KTP.  Ke-700 warga itu kata Agus, dipastikan dalam kondisi sakit atau sedang berada diluar Sumedang sehingga belum memohon e-KTP.
Namun optimis, ke-700 warga itu akan memiliki e-KTP ketika Pilkada Serentak di Juni mendatang. Sebab menurut Agus, Disdukcapil terus lakukan sosialisasi melalui media masa termasuk surat edaran yang disampaikan kesetiap desa dan kecamatan.
Masih di koran ini, Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa  menyebutkan, daftar pemilih baru yang ada di DP4 belum terdaftar, dan hasil verifikasi KPU ternyata orang dan identitasnya ada sehingga akan dimasukan ke daftar pemilih baru jika sudah memenuhi syarat sebagai pemilih yakni sudah 17 tahun. Namun belum memiliki e-KTP, nanti akan dicatat dalam form AC.KWK.**[yf saefudin]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar