Longsor, Akses Dua Desa Putus Total


Buahdua, Korsum
Akibat hujan lebat, jalan kabupaten di Blok Pasirsalak Desa Mekarmukti Kecamatan Buahdua, belum lama ini, Kamis sore (15/3), hancur dan hanyut terbawa longsor. Untuk sementara ini, akibat longsor itu akses dua desa yakni Mekarmukti dan Desa Karangbungur putus total, tidak bisa dilalui kendaraan.
Dugaan sementara, hancurnya jalan akibat longsor itu dipastikan kondisi tanah labil yang diperparah dengan saluran  air  yang tidak terurus, sehingga Tembok Penahan Tebing (TPT) amburadul ikut terbawa longsor. Panjang longsor sekitar 100 meter masuk ke jurang sedalam 200 meter.
Dikatakan Kaur Pemerintahan Desa Mekarmukti U. Saputra. Jalan yang hancur itu kata dia, merupakan penghubung Desa Hariang, Desa Mekarmukti termasuk Desa Karangbungur.  Dengan putusnya jalan kabupaten itu warga mengguna jalan mengaku tidak merasa nyaman karena tak bisa dilalui kendaraan.
“Terputusnya jalan itu, sangat menyengsarakan warga dan seharusnya Dinas PUPR segera melakukan perbaikan. Namun hingga saat ini  jalan yang terbawa longsor itu masih belum ada perbaikan, meskipun pernah di survey,” tandasnya.
Longsornya jalan itu timbulkan keprihatinan Kepala Desa Mekarmukti Juhari Suryabrata. Dikantornya, Kamis (15/3) menyebut wilayah Kecamatan Buahdua rawan longsor. Bahkan kata dia, TPT dan Irigasi saat ini sudah banyak yang rusak akibat pekerjaan kurang maksimal.
“Kami prihatin dengan longsornya jalan itu, sehingga berharap jalan status milik PU itu segera ada perbaikan karena masyarakat saat ini merasa disengsarakan akibat terputusnya kases Mekarmukti Karangbungur,” katanya.**[indang]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar