Bappenda Jabar Lakukan Penelusuran Penunggak Pajak Kendaraan Bermotor


Paseh Korsum
Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah Kabupaten Sumedang bersama Samsat Kabupaten Sumedang melakukan penelusuran penunggak pajak di wilayah Sumedang.
Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Sumedang, Endang Sutardi melalui Kasi PKB/BBNKB, Andang Juanda menyebutkan, masih banyak pemilik kendaraan bermotor, khususnya roda dua yang tidak melakukan pembayaran pajak.
"Karena itu, kami melakukan sosialisasi petunjuk teknis kegiatan intensifikasi pajak kendaraan bermotor melalui penelusuran Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) telah mengambil langkah dalam upaya penyerapan pajak bermotor di wilayah Sumedang," ujarnya, Kamis (5/4).
Menurut Andang, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan petunjuk secara teknis kepada pihak penelusur. Saat ini, Bappenda Provinsi Jawa barat bekerjasama dengan Samsat Provinsi Jawa Barat untuk mengimplementasikan agendanya. Di wilayah Sumedang sendiri terdata sekitar 13 kecamatan yang menjadi tujuan kegiatan penelusuran.
"Dengan metode door to door, kedepannya kami berharap akan lebih banyak masyarakat wajib pajak yang sadar terhadap kewajibannya membayar pajak," tutur Andang.
Selain itu, lanjutnya, hasil ke lapangan ini tentunya pihak pemerintah bisa mengetahui melalui data tentang motor yang belum dibayar pajaknya. Motor yang hilang, dijual, diambil leasing dan atau mungkin karena hal-hal lain.
"Melalui laporan hasil dari pihak penelusur, pemerintah juga menjadi tahu kebenaran yang sesungguhnya," pungkas Andang Juanda.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar