Bupati Janji Segera Pindahkan Korban Bencana Cimanintin


Jatinunggal, Korsum
Dalam kunjunga kedua terhadap korban bencana pergerakan tanah di Desa Cimanintin  Kecamatan Jatinunggal. Pjs. Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto, berjanji akan segera memindahkan para korban bencana tanah retak di Cimanintin ke lokasi Hunian Sementara (Huntara) Blok Genggehek. Janji tersebut diutarakan langsung saat melakukan monitoring penanganan pascabencana di Blok Babakan Sawah Desa Cimanintin, Jatinunggal.
Pada kunjungan yang kedua pasca bencana tersebut, Bupati sengaja melakukan langsung dengan masyarakat, dengan harapan kedatangannya ke daerah tersebut bisa menjadi sarana untuk menampung aspirasi warga terkait perkembangan penanganan bencana.
Selain ingin memantau perkembangan program rehabilitasi dan rekontruksi warga terkait kondisi Huntara, saya juga ingin mendengar langsung berbagai keluhan warga di Cimanintin,tuturnya, Rabu (4/4), saat berbicara langsung dengan masyarakat Cimanintin.
Sumarwan mengaku, di tengah padatnya agenda yang harus dilaksanakan, dirinya memang dengan sengaja lebih memprioritaskan kunjungan ke lokasi bencana. Karena menurut dia, upaya penanganan bencana ini dipandang lebih penting untuk mendapat perhatian dari pemerintah.
Kita terus pantau perkembangan penanganan pasca benacana di sini. Perbaikan Huntara untuk korban bencana kan belum tuntas, jadi warga masih ada yang belum pindah dari pengungsian. Untuk itu, saya akan pantau terus agar penanganan bencana bisa dengan cepat tuntas, katanya.
Menurut Sumarwan, perbaikan Huntara dan pemindahan korban ke tempat relokasi tersebut sudah menjadi program proritas yang telah disepakati. “Masyarakat harus tetap tenang, Insya Allah tidak ada lagi pergerakan tanah. Begitu juga soal hunian sementara, pokonya akan kita perbaiki secepatnya supaya korban bencana  bisa segera pindah ke Huntara," harapnya.
Ditempat terpisah Kepala Desa Cimanintin, Idar Darsiti sangat mengapresiasi perhatian Pjs Bupati terhadap perkembangan penanganan bencana di Cimanintin.
“Atas nama warga saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak bupati yang selalu memantau perkembangan penanganan bencana di daerah kami. Perhatian bapak ini akan menjadi hal yang sangat positif dalam mendorong optimalisasi penanganan bencana di Cimanintin agar dapat segera ditangani secara tuntas," katanya.
Namun selain terkait masalah penanganan bencana, Idar juga menyampaikan beberapa keluhan dari warganya. Salah satu keluhan dari warga yang disampaikannya langsung ke Bupati itu, yakni mengenai lampu PJU di sekitar kantor desa yang mati, Jembatan Sungai Cijaweu, dan keinginan warga terkait pembangunan pasar desa.
Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) mengatakan, warga harus tetap waspada dan siaga karena saat ini hujan masih tetap turun.
"Saya berharap masyarakat agar selalu waspada, karena intensitas hujan saat ini masih tinggi,” pungkasnya.**[Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar