Cabup Zaenal Alimin Sikapi Pembangunan Tol Cisumdawu


Conggeang, KORAN SUMEDANG
Calon bupati Sumedang no urut 3, H. Zaenal Alimin menyikapi pembangunan Tol Cisumdawu yang akan melintas di wilayah Kecamatan Conggeang saat berkunjung ke kecamatan tersebut, belum lama ini.
Menurutnya, pembangunan tol Cisumdawu merupakan proyek nasional yang dibiayai oleh APBN dan bantuan lainnya. Kebijakan pembangunan tol Cisumdawu berada di pemerintah pusat.
"Masyarakat dimohon menyadari karena kita tidak bisa menghindar dari kebijakan pemerintah pusat tersebut," ujar ZA, panggilan akrab H. Zaenal Alimin, saat berbincang dengan Korsum.
ZA menghimbau pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR agar memperhatikan masyarakat terdampak tol Cisumdawu. Hak-hak masyarakat tidak boleh dikurangi. 
"Kemudian, fasilitas sosial dan fasilitas umum yang pernah masyarakat manfaatkan di tempat sebelumnya, harus bisa dipenuhi di tempat yang baru. Hingga masyarakat tidak merasa kekurangan apalagi merasa dirugikan oleh pemerintah," harapnya.
ZA menegaskan, jika dirinya terpilih menjadi Bupati Sumedang akan terus berjuang bagi masyarakat Sumedang. Sudah menjadi kewajiban dirinya memfasilitasi dan berjuang agar hak-hak masyarakat tidak dirugikan.
"Sebelumnya, sudah sejak lama saya mempejuangkan hak-hak masyarakat Sumedang. Apalagi jika nanti terpilih menjadi Bupati Sumedang, saya sepenuhnya akan berjuang untuk masyarakat,” tutupnya.
Sementara  Asep (42), warga Conggeang mengatakan, tol Cisumdawu diharapkan dapat menguntungkan dan memudahkan pengiriman arus barang dan jasa, sehingga bisa dipastikan akan memicu percepatan pembangunan di daerah-daerah itu dalam peningkatan dibeberapa sektor usaha seperti pariwisata. Dengan dibukanya jalur tersebut akan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumedang.
Sederhananya, tegas Asep, dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan akan disusul dengan meningkatnya perekonomian masyarakatnya. Dengan dibukanya jalur Cisumdawu dapat menghemat perjalanan masyarakat ke berbagai daerah.
Oleh karena itu tol Cisumdawu diharapkan mampu mempercepat dan memberikan implikasi positif terhadap perekonomian masyarakat, baik dari sisi produksi, konsumsi dan distribusi akan barang dan jasa masyarakat serta akan memperlancar lalu lintas perdagangan antara daerah/kota di provinsi Jawa Barat maupun di luar Jawa Barat.
“Jika dilihat dari sisi sosial, dengan adanya relokasi jalan tol Cisumdawu tersebut diharapkan dapat memberikan implikasi dalam menunjang kesejahteraan sosial masyarakat secara luas, menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan adanya rasa nyaman dan aman. Bagaimanapun tujuan utama dari pembangunan tol tersebut adalah untuk membangun kesejahteraan bersama, baik rakyat maupun Negara,” jelasnya.
Ditempat yang sama, H. Otong tokoh setempat, mengatakan, dengan adanya  tol Cisumdawu bisa memperlancar kegiatan ekonomi dan menjadikan komunikasi bisnis bisa lebih efektif antar pulau dari pulau Jawa dan Pulau lainnya di luar jawa.
Aktivitas manusia dari satu daerah ke daerah lain dapat berjalan dengan lebih cepat karena manusia menginginkan waktu yang efektif dan efisien. Dampaknya dapat memicu pemerataan pembangunan di wilayah Jawa Barat, terutama untuk Kabupatenb Sumedang, Subang, Indramayu, Majalengka, Purwakarta, dan Cirebon.
“Dapat juga menciptakan dinamika budaya yang baik antara budaya masyarakat yang satu dengan yang lainnya dengan mengikuti tren kekinian, mempererat dan memantapkan rasa nasionalisme antar daerah terutama dalam pelestarian bahasa dan wawasan budaya daerah asalnya masing-masing,” sebut H. Otong.
Membangun tol Cisumdawu, kata Otong, sama saja dengan membangun bangsa serta memberikan nilai manfaat yang sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat bersama. Dengan demikian, saya berharap semua kalangan untuk sama-sama menjaga dan mendukung setiap pembangunan jalan tol di Indonesia terlebih yang ada di Sumedang demi terwujudnya pembangunan ekonomi di Sumedang yang berkelanjutan demi Sumedang lebih maju,” pungkasnya.**[F. Arif]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar