Komisi C DPRD Sumedang Pantau Zona Steril BIJB


Kota, Korsum

Terkait areal yang tidak boleh terganggu oleh benda-benda yang melintas di bawah dan di wilayah udara (clear zone), terutama di wilayah landasan pacu saat take off maupun landing, Anggota Komisi C DPRD Sumedang mengunjungi Bandara Internasional Jawa Barat (BIUB) di Kertajati Kabupaten Majalengka, Senin (26/3) lalu, untuk membicarakan dan mempertanyakan sejauh mana jarak lintasan tersebut.
"Ini sangat penting mengingat Kabupaten Sumedang mempunyai area sport kedirgantaraan seperti Toga dan Batudua yang sering dipakai even paralayang nasional bahkan internasional," ujar Ketua Komisi C DPRD Sumedang, Iwan Nugraha, Kamis (27/3) di kantornya.
Iwan khawatir hal itu bisa membahayakan, baik bagi even olahraga kedirgantaraan di Sumedang ataupun bagi keamanan penerbangan itu sendiri.
"Tapi sayangnya, kita belum mempunyai data yang lengkap dari Disparbudpora Kabupaten Sumedang mengenai titik koordinat Batudua dan Toga. Kita juga belum tahu luasan area untuk even olahraga kedirgantaraan itu," jelasnya.
Dikatakan Iwan, sesuai data yang didapatkan dari Tim Persiapan Pembukaan Bandara (TP2B), sekitar radius 20 kilometer dari area bandara merupakan clear zone. Semua benda di udara dilarang melintas dalam area.
"Sementara, batas ketinggian tidak boleh lebih dari 3000 feet atau sekitar 1,5 kilometer dari permukaan tanah. Untuk penerbangan paralayang dan gantole berada di sekitar 2000 feet, berarti dari sisi ketinggian masih aman," ungkapnya.
Kedepannya, lanjut Iwan, Pemda Sumedang akan lebih intens lagi melakukan koordinasi dengan pihak BIJB. Terutama pada penyelenggaraan atau even-even tertentu yang memerlukan area penerbangan gantole atau paralayang yang lebih luas. Agar olahraga kedirgantaraan di Sumedang tidak terganggu dan penerbangan juga aman.
"Kami harap, Disparbudpora Sumedang juga segera melengkapi titik koordinat Batudua ataupun kawasan Toga. Supaya, saat launching BIJB semuanya sudah terpetakan dan aman untuk semuanya," pungkas Iwan.**[Hendra]


Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar