LKPD TA 2017 Telah Diserahkan Ke BPKP Jabar


Bandung, Korsum
Setelah disampaikan dalam Sidang Paripurna DPRD Sumedang beberapa waktu lalu, dan dilanjutkan pembahasan oleh seluruh Komisi di DPRD dengan melakukan asistensi kepada SKPD yang menjadi mitra kerja masing-masing komisi, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017, telah disampaikan pula kepada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Kamis (29/03) di kantor BPKP Provinsi Jawa Barat.
LKPD Sumedang Tahun Anggaran 2017 tersebut diserahkan langsung oleh Pjs Bupati Sumedang, H. Sumarwan Hadisoemarto didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Sanusi Mawi, Kepala Inspektorat Kabupaten Sumedang Subagio, kepala BPKA kabupaten Sumedang Uus Sundawan, serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Asep Tatang Sujana.
Selain Kabupaten Sumedang, ada sebelas kabupaten/kota lainnya yang turut menyerahkan LKPD TA 2017. Sebelas Kabupaten/kota tersebut, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, Cimahi, Majalengka, Banjar, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Purwakarta, Bogor dan Subang.
Kepala BPK RI Jawa Barat, Arna Syifa mengapresiasi penyerahan LKPD tahun anggaran 2017 dari 12 kabupaten /kota di jawa Barat ini.
“Setiap tahun makin lama makin baik. Dengan diserahkannya laporan tersebut, berarti ada satu pernyataan tanggungjawab dari pemerintah daerah bahwa laporan telah yang disampaikan memenuhi 5 kriteria itu, yaitu keterjadian, penetapan, penilaian, penyajian dan pemantauan. Inilah yang akan dinilai tim pemeriksa sesuai dengan standar pemeriksaan.
Arna mengatakan, penyerahan LKPD ini merupakan amanat undang-undang, dan BPK diberi kewenangan untuk melakukan pemeriksaan LKPD tersebut. Sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara, BPK akan memeriksa pelaksanaan anggaran di tahun 2017 bagaimana pengelolaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan dari kekayaan daerah yang dikelola masing-masing pemerintah Kabupaten/Kota.
Setelah laporan tersebut diterima, maka terhitung sejak hari ini BPK Perwakilan Jawa Barat akan segera menugaskan tim pemeriksa untuk melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan yang dimaksud.
“LKPD yang diserahkan kepada BPK ini belum final, maka dari itu BPK dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan intern selama dua bulan kedepan dengan menerbitkan LHP dimana nantinya akan sampai pada kesimpulan opini atas LKPD tersebut” pungkasnya.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar