Panwaskab Gelar Rakor Gakumdu

JATINANGOR-Koran Sumedang
Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang mana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung.
Menurut  Ade Sunarya divisi penindakan pada Panwaskab. Sumedang mengatakan,
Yang dimaksud dengan pemimpin politik disini adalah kepala pemerintahan di tingkat daerah seperti gubernur, dan bupati/walikota. Rakyat bisa menentukan sendiri siapa yang layak menjabat sebagai kepala pemerintahan di daerahnya."
Pelaksanaan demokrasi melalui Pemilihan Umum diselenggarakan oleh Penyelenggara Pemilu. Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa lembaga yang menyelenggarakan Pemilu adalah Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sebagai satu kesatuan fungsi penyelenggaraan Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota DPRD secara langsung oleh rakyat ,"jelasnya Jumat (14/4).

Dikatakan, Bawaslu sebagai lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi proses Pemilu membutuhkan dukungan banyak pihak dalam aktifitas pengawasan. Salah satunya adalah dengan mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan setiap tahapan Pemilu."
Pemilu bukanlah sekedar ajang seremonial politik belaka yang menafikan partisipasi politik masyarakat. Pengawasan partisipatif dilakukan untuk mewujudkan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan demokrasi. Pengawasan juga menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat pemilih.
Bagi masyarakat, dengan terlibat dalam pengawasan Pemilu secara langsung, mereka dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi, dan secara tidak langsung belajar tentang penyelenggaraan Pemilu dan semua proses yang berlangsung. Bagi penyelenggara Pemilu, kehadiran pengawasan masyarakat yang massif secara psikologis akan mengawal dan mengingatkan mereka untuk senantiasa berhati-hati, jujur dan adil dalam menyelenggarakan Pemilu." jelasnya

Lebih jauh Ade menjelaskan,  pelibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu harus terlebih dulu melalui proses sosialisasi dan transfer pengetahuan dan keterampilan pengawasan Pemilu dari Pengawas Pemilu kepada masyarakat. Tantangan besar bagi Bawaslu adalah membangun kesadaran politik masyarakat. Kesadaran masyarakat atas kedaulatan yang dimiliki dalam proses demokrasi nyatanya masih rendah. Kerendahan kesadaran tersebut salah satu pemicunya adalah minimnya pengetahuan rakyat mengenai demokrasi, Pemilu, dan pengawasan Pemilu.

Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan masyarakat. Kelompok masyarakat yang memberikan perhatian besar terhadap pelaksanaan Pemilu yang demokratis. Peningkatan kolaborasi antara Bawaslu dengan kelompok masyarakat sipil inilah yang menjadi kunci peningkatan partisipasi bersama masyarakat.

Berdasarkan landasan pemikiran tersebut diatas, dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif kelompok masyarakat dalam mengawasi penyelenggaran pemilu yang demokratis dan bermartabat, Panwaslu Kabupaten Sumedang merasa perlu melakukan sosialisasi mengenai ketentuan, prosedur dan larangan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2018, salah satunya kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi OMS dan OKP terutama bagi organisasi mahasiswa di Kabupaten Sumedang."

Jadi maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 bagi OMS dan OKP dimaksudkan sebagai langkah Preventif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu dan membangun pemahaman menyeluruh bagi Masyarakat khusunya OMS dan OKP terhadap proses pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018. Sedangkan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah
Peserta memahami secara menyeluruh ketentuan dan larangan-larangan dalam proses penyelenggaraan tahapan pemilihan**(Arif)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar