Rujukan Puskesmas Disebut Menghambat Pelayanan


Sumsel, Koran Sumedang
Secara mekanisme dan aturan untuk pemeriksaan lebih lanjut bagi pasien diharuskan menempuh rujukan dari Puskesmas bagi pasien BPJS yang sesuai dengan domisilinya. Sama halnya di Puskesmas Sumedang Selatan bahwa pasien yang akan berobat ke RSUD Sumedang pun harus mengikuti aturan yaitu surat rujukan dari Puskesmas tersebut, namun proses untuk mengambil surat rujukan harus menunggu berjam jam dikarenakan pasien yang ada minimal seratus pasien.
Dikatakan Dedi (60), sebagai pasien Puskesmas Sumedang Selatan yang hendak meminta surat rujukan untuk berobat ke RSUD beberapa waktu lalu, merasa kesal dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Sumedang Selatan, hanya karena surat rujukan harus menunggu hingga berjam jam, dari mulai masuk pada fukul 09.00 wib hingga pukul 11.50 WIB.
“Saya itu memiliki penyakit asam urat yang sudah parah, hingga tiap sendi menonjol karena pengapuran, kalau dikatakan sakit, sangat lah sakit, karena mau menggunakan BPJS maka harus memakai rujukan dari Puskesmas Sumedang Selatan, dengan aturan seperti itu, maka sayapun mengikuti aturannya, karena memang saya butuh untuk berobat,”ujar Dedi saat dikonfirmasi Korsum beberpa waktu lalu dikediamannya.
Lebih jauh Dedi menjelaskan, dikira dirinya (Dedi) bahwa mengambil surat rujukan itu akan lebih cepat, maka dirinya memaksakan diri untuk datang, dengan keadaan suhu badan panas. Ketika tiba di Puskesmas harus menunggu berjam jam, dan kondisi yang tadinya masih bisa ditahan sakitnya malah lebih parah lagi.
“Sudah mah badan yang dirasakan sakit ditambah lagi harus menunggu diantara pasien yang mengantri hingga sesak karena ruangan kecil pasien berjubel, untungnya saya datang dengan anak saya, dan saya masih bisa di carikan tempat duduk, yang jadi pertanyaan saya, kenapa pasien rujukan harus di satukan dengan pasien yang bukan rujukan atau umum? Tidakkah bisa di pilah untuk pasien yang meminta rujukan secara tersendiri bukan di satukan dengan yang lain?,” ucapnya.
Beda halnya dikatakan oleh Kepala Puskesmas Sumedang Selatan Ilah Siti Harmilah, bahwa pihak Puskesmas sudah semaksimal mungkin memberikan pelayanan terhadap pasiennya yang mau berobat ataupun yang sekedar untuk meminta surat rujukan, bagi pasien yang meminta rujukanpun diberikan pelayanan yang maksimal.
“Kondisi Puskesmas Sumedang selatan sudah seperti ini, gedungnya sangatlah terbatas. Dengan keadaan kondisi seperti inipun kami masih bisa mengatur sedemikian rupa agar pasien yang berobat bisa terlayani dengan baik, dibandingkan dengan tahun tahun kemarin, Puskesmas ini sudah banyak perubahan yang bisa dikatakan signifikan,” jelas Kepala Puskesmas Sumedang Selatan, saat dikonfirmasi Koran Sumedang, Jumat (13/4), di ruang kerjanya.
Masih kata Ilah, bukannya tidak mau memberikan pelayanan yang lebih optimal, namun sekali lagi tempat dan kondisi Puskesmas sudah terbatas, dirinya mengaku mengerti dan sangat paham, namun kalaupun dipisahkan, maka akan di ruangan mana lagi, ditambah lagi pasien yang datang ke Puskesmas ini minimal 100 pasien yang datang dalam tiap harinya.
“Kamipun sudah mau merencanakan agar pasien yang mau meminta surat rujukan dipisahkan dengan yang berobat atau dengan yang umum, memang diharuskan pasien harus ada rujukan dan di hadirkan pasiennya untuk kepentingan diagnosa oleh perawat kami, tetapi ketika pasiennya tidak bisa turun dari kendaraan maka perawat kamipun langsung menghampiri, dan ketika pasien yang meminta rujukan kondisinya sudah tidak memungkinkan, maka soal rujukan akan dikesampingkan,”jelasnya.
Ditemui Koran Sumedang, Jumat (13/4), Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Emay Kusmayati, ketika akan dikonfirmasi terkait dengan keluhan pelayanan pasien di Puskesmas Sumedang Selatan soal surat rujukan, menurut keterangan dari para staf bidang Pelayanan Kesehatan, bahwa Kepala Bidang sedang rapat di Bandung.**[Dady]


Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar