Sidak Grosir Jual Produk Kedaluwarsa Indag Tak Punya Anggaran


Kota, Korsum
Belum lama ini, Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumedang dan Dinas Kesehatan melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk makanan dan minuman kedaluwarsa. Meski, untuk kegiatan tersebut, Disperindag mengaku tidak punya anggaran.
Menurut Sekertaris Disperindag dan UMKM Kabupaten Sumedang, Engkos, mengakui kegiatan sidak tidak bisa maksimal dilakukan, karena sudah tidak tersedia anggaran akibat dampak dari rasionalisasi.
“Karena kondisi ini (tak ada anggaran), dengan berat hati kita tidak bisa lakukan sidak ke toko-toko atau grosiran di pelosok-pelosok daerah dan minimarket tidak terkaver, hanya beberapa swalayan yang kami sidak bersama Dinkes Sumedang yang ramai dikunjungi pembeli,” terangnya, kepada Korsum, Jumat (6/4).
Diakuinya, sebenarnya sidak produk-produk kedaluwarsa sudah masuk agenda. Wacana sidak ke kecamatan-kecamatan juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Namun, karena tidak tersedianya anggaran, pihaknya pun tidak bisa berbuat banyak.
“Kita sudah wacanakan sidak ke 26 Kecamatan di Kabupaten  Sumedang. Tapi terbentur anggaran, jadi kita harapkan tahun depan ada anggaran lagi tersedia untuk sidak,” ungkapnya.
Karena kondisi ini, Disperindag Sumedang hanya membantu Dinkes melakukan sidak barang kedaluwarsa di beberapa pusat perbelanjaan. “Kita diajak Dinkes. Karena kita tidak punya dana, jadi hanya membantu tenaga," sambungnya.
Karena itu, dia mengimbau para pedagang atau pengusaha tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan memasukkan barang-barang kedaluwarsa dalam toko. Karena tidak menutup kemungkinan ada konusumen yang tidak tahun dan membeli produk yang sudah kedaluwarsa.
Ia juga mengimbau, masyarakat harus menjadi konsumen cerdas, yakni dengan memperhatikan terlebih dahulu barang yang akan dibeli. Sehingga tidak merasa dirugikan karena membeli barang kedaluwarsa. Jika hal ini terjadi konsumen kata dia bisa melapor ke pihak terkait. Karena konsumen dilindungi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.**[F.Arif]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar