Tinggal 33 Calhaj Lagi Yang Belum Divaksin Meningitis


kota, KORAN SUMEDANG
Dari 873 calon jemaah haji di Kabupaten Sumedang yang akan berangkat tahun 2018 ini, masih sekitar 33 orang yang belum divaksinasi meningitis. Vaksinasi meningitis wajib dilakukan setiap calon jemaah haji karena selain untuk kesehatan calon jemaah haji itu sendiri, keterangan vasinasi maningitis juga menjadi syarat untuk pelunasan biaya perjalanan ibadah haji.
Kasi Surveillans dan lmunisasi pada Bidang P2P Dinkes Kabupaten Sumedang, Wardiman mengatakan, para calon jemaah haji ini masih ditunggu kedatangannya di puskesmas dekat tempat tinggal mereka.
"Imunisasi ini sangat penting karena virus meningitis ini sangat berbahaya menyerang selaput otak. Apalagi nanti di Tanah Suci akan berkumpul orang dari berbagai negara sehingga riskan terpapar virus ini," katanya, Rabu (11/4).
Dijelaskan, meningitis adalah peradangan pada membran yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang manusia. Secara biologi, membran ini disebut meningen dan peradangan ini disebabkan oleh infeksi dari virus, bakteri, mikroorganisme, atau dalam kasus tertentu disebabkan konsumsi tak sehat obat tertentu.
Menurut Wardiman, penyakit meningitis biasanya akan menyerang selaput otak manusia dengan gejala awal biasanya demam yang cukup tinggi pada penderita. Karena itu, Dinkes Sumedang akan melakukan pelayanan vasinasi meningitis ini di semua puskesmas yang wilayahnya ada calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini.
“Mereka yang belum divaksin itu sebenarnya sudah diberitahu, namun belum datang ke puskesmas,. Kami menunggu kedatangan mereka di puskesmas dan siap melayani vaksin menginitis," katanya.
Wardiman memastikan, ke-33 calon haji tersebut akan melakukan vaksin meningitis sebelum berangkat, hanya saja mungkin karena ada kepentingan lain. Sebab, vaksin meningitis menjadi salah satu syarat calon jemaah haji dalam melunasi BPIH.
"Tapi pemeriksaan kesehatan kesehatan seluruh calon jemaah haji sudah selesai dilakukan semuanya," pungkasnya.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar