Warga Tutupi Gorong-Gorong Jebol


Tanjungkerta, KORAN SUMEDANG
Masyarakat kesal karena tidak ada perhatian pemerintah soal jebolnya gorong-gorong yang nyaris memutuskan badan jalan. Akhirnya masyarakat berinisiaf gorong-gorong yang jebol itu dipasangan kayu sebagai jembatan supaya roda kendaraan roda empat tidak terperosok masuk lubang gorong-gorong.
Wadi warga setempat yang juga pengguna jalan, berharap segera ada perbaikan sebab angkutan dari Sumedang–Cikaramas–Subang tidak dapat beroperasi, paing hanya sampai kantor Kecamatan. Sehingga anak sekolah dan masyarakat  jika melintas jalan itu harus menggunakan jasa ojek.
Menurut Dedi Junaedi, Kepala Desa Sukamantri di kantornya, Selasa (17/4) mengatakan, gorong-gorong diruas jalan PU hancur tergerus air hujan. Jalan itu alur Tanjungkerta – Subang telah dilaporkan ke Tripika dan pihak PUPR wilayah maupun Kabupaten. Tapi laporan itu hingga saat ini masih belum ada perbaikan.
“Sekarang jalan yang nyaris putus total itu dibuatkan jembatan darurat, itupun tidak di jamin kekuatannya bisa bertahan lama karena terbuat dari papan kayu. Saya berharap kepada pihak terkait untuk segera ada perbaikan sebelum Pilkada digelar,” katanya.
Seperti diberitakan koran sebelumnya, akibat diguyur hujan diperparah dengan limbah pemukiman melimpah ruah masuk lubang gorong-gorong ruas jalan kabupaten tepatnya di Dusun Sukamantri, kanan kiri gorong-gorong itu jebol bahkan jalan itu nyaris putus, Senin lalu (19/3).
Dikatakan warga setempat Sape’I, akibat tak kuat menahan desarnya air hujan yang tersumbat sampah, gorong-gorong itu jebol sekitar 10 meter. Bahkan, material gorong-gorong yang jebol itu hanyut tergerus air hujan hingga jatuh ke jurang yang berada dipinggir jalan sedalam 20 meter.
Akibatnya, lebar badan jalan itu hanya sisa 2 meter dari lebar jalan 5 meter sehingga tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Jika dipaksakan maka dijamin ban mobil akan masuk lubang gorong-gorong yang jebol tersebut.
Masyarakat berharap pihak Dinas PUPR turun ke lokasi kejadian. Bahkan lebih jauh berharap dinas itu segera lakukan perbaikan sehingga para mengguna jalan tidak merasa tergannggu dengan adanya gorong-gorong yang jebol itu.**[indang]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar