Peringati Hardiknas TNI Dan Polri Bersinergi


Jatigede, Koran Sumedang
Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 di Kabupaten Sumedang jadi momentum untuk mempererat sinergitas antara TNI-POLRI dengan Pemda Khususnya Dinas Pendidikan dan kebudayaan.

Demikian pernyataan Dandim 0610/Sumedang Lertkol Arm I Made Mertha Yasa, S.Sos dalam menyambut peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Memeluk Jatigede tingkat Kabupaten Sedang 2018 di yang dilaksanakan di Lapangan Hellyped Bendungan Jatigede. (2/5/2018)

Pesan I Made "Pada momentum peringatan Hardiknas tahun ini mari kita eratkan hubungan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara," menurut Made upaya memerjuangkan pendidikan dan kebudayaan harus terus dilakukan agar di negara kita dapat menciptakan SDM yang handal dan profesional sehingga negara kita akan menjadi negara yang besar dan kuat

Sedangkan dalam hal kebudayaan, Made  meyakini bahwa "kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kuat maka akar kebudayaan akan kuat juga" karena antara kebudayaan dan pendidikan dua bidang yang tidak bisa dipisahkan dan memiliki kekentalan yang kuat sehingga kebudayaan tidak akan bisa dikenal tanpa dipelajari melalui pendidikan, mengingat di negara kita memempunyai beraneka ragam kebudayaan begitupun sumedang terkenal dengan PUSEUR KOTA BUDAYA di daerah jawa barat.

Namun demikian, lanjutnya, apresiasi publik terhadap keberhasilan pemerintah yang gencar membangun infrastruktur, harus disertai dengan pembangunan sumber daya manusia yang sungguh-sungguh dan terencana. Dengan membangun dan memperkuat infrastruktur, dapat menjadi sabuk pengikat pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan kerjasama dan rasa memiliki aset daerah yang ada saat ini.

"Kita patut bersyukur atas antusiasme masyarakat terhadap gerakan Memeluk Jatigede, ini luar biasa. Mereka menyadari bahwa penguatan karakter dan literasi warga negara merupakan bagian penting yang menjadi ruh dalam memelihara dan menjaga Obyek Vital Nasional Yang dimiliki Kabupaten Sumedang yaitu berupa Bendungan Jatigede." kata Made

Dalam peringatan Hardiknas 2018 ini, Made menghimbau peran guru, orang tua, dan masyarakat dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak Indonesia.

Serta mengajak seluruh komponen masyarakat untuk sama - sama bergandengan tangan yang menandakan bahwa kita warga kabupaten sumedang bersama-sama  menjaga dan memelihara aset nasional yang dimiliki sebagai salah satu kekayaan milik warga sumedang "pungkasnya**(F. Arif/rls)

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar