Di masa Tenang, Panwaslu Melakukan Patroli Pengawasan Di Semua Tingkatan

Kota, Koran Sumedang
Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sumedang baru-baru ini melakukan patroli pengawasan pada tahapan masa tenang Pilkada Serentak 2018. Patroli pengawasan dilakukan di tingkatan se-Kabupaten Sumedang, mulai Minggu  dinihari pukul 24.00 Wib (24/6) hingga Selasa (26/6).

"Patroli pengawasan dilakukan mulai tanggal 23 Juni pukul 24.00, secara serentak se Kabupaten Sumedang disemua tingkatan mulai dari Panwaskab, Panwascam, PPL/Desa, PTPS. Secara simbolis dilaksanakan oleh Panwaskab, Polres, Satpol PP, titik start dari alun-alun alun Sumedang hingga jalan-jalan protokol.

Patroli pengawasan juga bertujuan untuk menimbulkan efek kejut bagi pihak yang berniat melakukan praktik politik uang terutama di masa tenang dan semua iklan kampanye melalui media massa cetak, media elektronik, online, media sosial, harus dihentikan di masa tenang tanggal 24-26 Juni (H-3) pemungutan dan penghitungan surat suara." Ujar Anggota Pawaslu divisi penindakan Ade Sunarya melalui sambungan telepon selulernya, Ahad, (22/6).

Diharapkan, dengan patroli tersebut upaya praktik politik uang jelang Pilkada akan dapat dicegah. Selain itu, patroli pengawasan tersebut juga diharapkan bisa mencegah aktivitas kampanye, dan politisasi SARA serta penggunaan alat peraga kampanye melalui media sosial." Hanya media sosial yang resmi didaftarkan ke KPU yang diawasi oleh Panwas, adapun media sosial yang tidak terdaftar itu kami rekomendasikan ke bagian cyber Polres Sumedang," kata Ade Sunarya.

Ia menghimbau kepada segenap stakeholder khususnya paslon/timses agar mentaati regulasi yang ada." Kami berharap semua jenis APK dimanapun bahkan di posko pemenangan agar diturunkan sebagaimana diatur oleh Pasal 31 Peraturan KPU No 2 Tahun 2017 tentang Kampanye. Paslon/timses agar dapat menahan diri untuk tidak berkampanye di masa tenang dan tidak melakukan money politic, pelibatan ASN, dan perbuatan melawan hukum lainnya," jelasnya.

Patroli pengawasan juga dilakukan untuk melihat kesiapan pengawas dalam melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran selama masa tenang dan menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara.

"Nanti dari hasil pengawasan terhadap proses dan hasil pemungutan suara insyaallah akan kami publikasikan secara cepat dan akurat." pungkasnya**(F. Arif)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar