Hadapi Lebaran Dinkes Siapkan Posko Kesehatan


Kota, KORAN SUMEDANG
Menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun 1439 H ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menyiapkan 10 posko kesehatan di jalur-jalur utama yang biasa digunakan oleh pemudik. Posko kesehatan ini dibuat dengan tujuan utama memberikan pelayanan kepada para pemudik yang melawati jalur tersebut.

Kasie Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes, H. Aan Suganda menyebutkan, 10 posko yang akan disiapkan tersebut berada di Kecamatan Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, Simpang, Bunderan Binokasih, Taman Telur, Cimalaka, Cijelag, Situraja dan Darmaraja serta Posko Terpadu di kantor Dinas Kesehatan Jl  Kutamaya.

"Posko Kesehatan ini bersatu dengan Pospam Lebaran 2019 yang didirikan pihak kepolisian Polres Sumedang," ujarnya. Dikatakan Aan, Posko Kesehatan ini mulai berjalan H -7 hingga H +7 yang dibagi dalam tiga shift, yakni pagi, sore dan malam, dimana masing-)masing shift terdiri dari 2 paramedis dengan seorang sopir ambulan.

"Intinya, posko kesehatan ini dibuat untuk memberikan pelayanan kesehatan dan bagi pemudik yang memerlukan layanan kesehatan bisa memanfaatkannya," katanyaPosko-posko kesehatan ini juga, lanjutnya, nantinya akan didukung oleh beberapa Puskesmas yang ada di sekitarnya. Apalagi letak poskonya memang tidak berjauhan dengan keberadaan puskesmas.

Selain memberikan pelayanan kepada pemudik, lanjutnya lagi, didirikannya posko pelayanan kesehatan di jalur mudik ini, pihak Dinkes juga tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat umum selama libur lebaran.

''Untuk 35 puskesmas yang ada di Kabupaten Sumedang, saat liburan lebaran nanti tetap akan memberikan pelayanan, dan dipastikan di setiap puskesmas akan ada petugas yang piket untuk memberikan pelayanan kesehatan tersebut," terangnya.

Secara umum, tutur Aan, untuk pelayanan kesehatan selama arus mudik dan arus balik ini pihak Dinkes Sumedang menyiapkan 53 dokter, 340 orang perawat 603 tenaga bidan, 35 tenaga farmasi dan 330 tenaga kesehatan lainnya.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar