KPU Antisipasi Gugatan Hukum Pasca Pilbup 2018

Cimalaka, KORAN SUMEDANG
Untuk mengantisipasi bilamana nanti terjadi adanya gugatan dari salah satu pasangan calon setelah pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilukada Sumedang nanti, KPU Kabupaten Sumedang mengundang Absar Kartabrata, SH.,MH selaku Narasumber dari Kuasa Hukum Provinsi Jawa Barat, Suhartina Dewi dari Kantor Kejaksaan Negeri Sumedang, para Ketua PPK se-Kabupaten Sumedang, dan Desk Pilkada Sumedang, untuk memberikan materi dalam pelatihan Pelayanan Penanganan Sengketa Hukum Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2018, Minggu (24/6) di Pondok Hanjuang Hegar Cimalaka.

Demikian dikatakan Kadiv Hukum, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Elsya Tri Ahaddini usai pelatihan penanganan sengketa hukum.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan bakal adanya gugatan sengketa hukum pasca Pilkada tahun 2018 ini.
“Kami berharap Pilbup Sumedang tahun 2018 ini dapat berjalan dngan lancar hingga proses penetapan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018 – 2023 mendatang. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan adanya gugatan terkait sengketa hukum pasca Pilkada Serentak,” ujarnya.

Elsya meminta agar seluruh penyelenggara dapat mengantisipasi dari sekarang terkait gugatan sengketa hukum yang mungkin terjadi setelah selesainya perhelatan akbar ini.

“Untuk antisipasi adanya gugatan sengketa nanti, kami menghimbau kepada seluruh Penyelenggara mulai dari KPU Kabupaten Sumedang hingga Badan Ad-hoc agar tertib administrasi, mempersiapkan seluruh dokumen penting dengan rapih. Sebab, jika seluruh dokumen tersusun dengan rapih, akan sangat membantu penanganan sengketa hukum nantinya,” katanya.

Bilamana pasca Pilbup tahun 2018 nanti ada temuan gugatan sengketa hukum, maka KPU Sumedang akan menangani terlebih dahulu gugatan tersebut.
"Nantinya penetapan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018-2023 akan ditetapkan setelah adanya keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK), pungkas Elsya.**[hendra]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar