Penetapan Perbup RKPD 2019 Tunggu Visi dan Misi Bupati Terpilih


 Kota, KORAN SUMEDANG
Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 disusun dengan berpedoman kepada arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD Tahun 2005-2025. Hal tersebut karena berakhirnya dokumen RPJMD Tahun 2014-2018 sejalan dengan berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah pada tahun 2018 nanti.
Demikian dikatakan Kepala Bappppeda Sumedang, H. Sanusi Mawi, Jumat (25/5) di kantornya.
“Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 akan menjadi bagian dari RPJMD Tahun 2019-2023 yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah,” kata Sanusi.
Sementara Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan Dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappppeda, Hj. Mulyani Toyibah menjelaskan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019.
“Ketika pemerintah daerah melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2018 dan/atau dokumen RPJMD berakhir, penyusunan RKPD Tahun 2019 mengacu pada arah kebijakan dan sasaran pokok Rpjpd, Rpjmd Provinsi, program prioritas nasional dalam RKP dan Peraturan Daerah mengenai Perangkat Daerah,” jelasnya.
Selain itu, imbuh Mulyani, bilamana pemerintah daerah yang masa jabatan Kepala Daerahnya berakhir pada tahun 2018 dan/atau tahun 2019, maka penyusunan RKPD Tahun 2019 harus memperhatikan Visi, Misi Dan Program Kepala Daerah Terpilih terlebih dahulu dan dijadikan sebagai satu kesatuan dari kebijakan dan indikasi program prioritas dalam RPJMD tahun 2019 sampai dengan tahun 2023.
Penetapan RKPD, kata Mulyani, pada tahun 2019 akan berbeda dengan penetapan RKPD pada tahun-tahun sebelumnya yang ditetapkan pada akhir bulan Mei. Sesuai dengan ketentuan Permendagri Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019, bahwa penetapan RKPD Kabupaten/Kota paling lambat bulan Juni atau satu minggu setelah RKPD Provinsi ditetapkan.
“Maka, dokumen RKPD tahun 2019 sebelum ditetapkan dapat mengakomodir visi dan misi serta program prioritas Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih,” katanya.
Mulyani menyebutkan, prioritas pembangunan daerah tahun 2019, diantaranya peningkatan penanggulangan kemiskinan, peningkatan aksesibilitas dan mutu pendidikan, kesehatan dan pelayanan dasar lainnya, penguatan potensi sumber daya daerah dalam mendukung pengembangan agrobisnis dan pariwisata, peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan, peningkatan infrastruktur untuk mendukung perekonomian masyarakat, peningkatan pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang yang berkelanjutan, peningkatan pencegahan penanggulangan bencana dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, peningkatan tata kelola pemerintahan, serta peningkatan pelestarian dan pemanfaatan kebudayaan.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar