Si Melon Tembus Rp 27.000


 Sumut, KORAN SUMEDANG
Setiap bulan puasa, warga Sumedang selalu kesulitan mendapat gas elpiji bersubsidi 3 kg. Akibatnya harga si Melon ini menjadi mahal hingga tembus Rp 27 ribu per tabung. Padahal biasanya harga gas elpiji tabung 3 kg di warung-warung paling tinggi Rp 25 ribu.
Bukan hanya masyarakat miskin, justru para pencari gas 3 kg ini pun kebanyakan dari rumah tangga yang mampu. Mereka terlihat mencari gas elpiji 3 kg dengan naik motor, tapi juga terlihat juga ada yang naik mobil pribadi bahkan ada yang bawa tabung si melon ini lebih dari 1 tabung.
Pemerintah sudah beberapa kali meminta kepada keluarga mampu agar mengganti pemakaian gas untuk keluarga miskin ini dengan gas 5 kg atau 12 kg.
"Kalau memakai elpiji tabung 3 kg itu tak terasa saat membelinya. Sekali beli kurang dari Rp 25 ribu tapi kalau yang 5 kg itu mahal," kata Ujang Acep (27), warga Rancakalong sambil menenteng 2 tabung gas 3 kg turun dari mobilnya di agen gas Elpiji Barak , Kamis (24/5).
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian, Elly Suliasih mengatakan, pasokan gas elpiji 3 kg untuk Sumedang pada bulan Mei ini mencapai 750-800 ribu tabung. Pada hari libur, ada tambahan lagi atau ekstra droping tabung gas.
"Seharusnya tidak kekurangan dan warga tidak sulit mencari gas 3 kg ini," kata Elly, Jumat (25/5), di kantornya.
Ia menuturkan, untuk hari libur 1 Mei ada tambahan droping 50 persen dari pasokan biasa dan 10 Mei serta 29 Mei ditambah 100 persen dari pasokan rutin.
"Kelangkaan tabung gas 3 kg ini terjadi karena mungkin banyak warga yang menyetok untuk kebutuhan saat puasa ini," tuturnya.
Beberapa warga mengaku jika di rumah tangganya memiliki lebih dari dua tabung gas elpiji 3 kg. Karena itu, menjelang puasa, mereka menukar tabung gas cadangan dengan yang isi untuk persiapan puasa dan lebaran.
Selain itu banyak pedagang gorengan, tukang bakso bahkan tukang tahu mulai menyetok gas elpiji 3 kg ini karena jualan gorengan dan tahu laku saat puasa ini. Para pedagang bakso juga mengaku mereka mulai mempersiapkan tabung gas untuk hari Lebaran nanti.**[Dady]


Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar