Bappenda Gelar Sosialisasi Pemasangan Smart Cashier

Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kab. Sumedang melaksanakan sosialisasi pemasangan smart cashier kepada pengurus pengusaha hotel dan restoran Indonesia (PHRI)  di wilayah kab sumedang, bertempat di Bappenda Kab. Sumedang (24/7/28).

Sosialisasi ini dimaksudkan agar para pengusaha membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan pajak daerah dari sektor pajak hotel dan restoran.  Demikian disampaikan Ramdan R. Deddy, kepala Bappenda.

Menurutnya, dengan pemasangan smart cashier diharapkan akan meningkatkan target pendapatan pajak hotel dan restoran secara signifikan.Walau diakui Ramdan, bahwa smart cashier yang ada belum banyak.

Menurut Sekretaris Bappenda, Asep D. Darmawan, pemasangan smart cashier ini akan dilaksanakan hari ini, tetapi untuk sementara ditangguhkan dulu sampai pihak PHRI benar2 memahami pentingnya pemasangan smart cashier untuk meningkatkan pajak hotel dan restoran.

Smart cashier ini memberikan kemudahan bagi Bappenda untuk mengetahui secara real time tentang pajak yang masuk ke kas daerah. Kelebihan alat ini juga akan ketahui Bappenda manakala pengusaha mematikan alat ini, akan terlihat offline. Dan ketika dionlinekan, semua transaksi yang dilakukan saat offline akan terkirim otomatis ke server bappenda.

Sebenarnya smart cashier ini tidak diperlukan,  manakala pajak hotel dan restoran sesuai dengan potensi yang ada. Ini tantangan bagi pengelola pendapatan untuk menerapkan kebijakan ini walau hambatan pasti ada, baik dari para pengusaha maupun dari ketersediaan alat. Oleh karenanya diperlukan dukungan sinergis dr berbagai pihak.**(iwo)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar