DANDIM 0610 Sumedang Tutup BSMSS WIL Sumedang

Wado, Koran Sumedang
Pembangunan insfratruktur daerah terutama di wilayah terpencil, harus menjadi perhatian semua elemen. TNI, berkewajiban menjadi garda terdepan dalam pembangunan insfrastruktur tersebut. Sebab keberadaan insfrastruktur yang baik akan memperkuat pertahanan negara.

Demikian disampaikan Dandim 0610/Sumedang Letkol Arm. I Made Mertha Yasa saat melaksanakan penutupan Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0610/Sumedang di Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Selasa (31/7). 

Dalam acara tersebut,  hadir Pjs Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto yang sekaligus meresmikan pembangunan jalan penghubung antar dusun di Desa Cisurat.

Pembangunan jalan tersebut merupakan penerapan program BSMSS dari Kodim 0610/Sumedang dan dikerjakan dalam waktu 14 hari.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arm. I Made Mertha Yasa menyebutkan,  program BSMSS adalah program membantu mengatasi kebutuhan masyarakat seperti kebutuhan insfrastruktur jalan.

"Oleh karenanya TNI harus bisa membantu kesulitan masyarakat tersebut," ujar Dandim.  Ia mengatakan, sasaran lainnya dari program itu, selain melalsaakan pembangunan fisik seperti jalan, adalah tercapainya kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam bentuk kegotongroyongan.

"Karena disadari TNI adalah dari rakyat. Dan harus diketahui hubungan baik antaraTNI dan masyarakat adalah awal terciptanya kondusifitas," katanya.

Adapun sasaran pekerjaan yang dilaksanakan terdiri dari TPT cor beton jalan sepanjang 570, TPT  25 M  sebanyak 6 unit, KIRMIR 130 M sebanyak 4 unit, saluran parit, kupas tanah 50 M, pembuatan parit tanah  200 M dan pengerjaan pilar kanan kiri jalan.

Pj Bupati Sumedang Sumarwan Hadisoemarto menyatakan,  dari kegiatan program TNI itu diharapkan terciptanya kemandirian masyarakat. Jangan sampai masyarakat menggantungkan pada bantuan. Sehingga pada titik titik tertentu masyarakat bisa menyelesaikan masalahnya secara mandiri. "Dengan terbangunnya insfratsruktur bisa mengembangkan sektor ekonomi," ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Teddy Mulyono juga menyebutkan, pentingnya meningkatkan pemberdayaan masyatakat agar mampu membangun desa secara mandiri. Program BSMSS kata dia, bisa mempercepat perataan pembangunan di pedesaan Pada program BSMSS,itu dihasilkan Pekerjaan cor beton jalan dengan panjang 570 M x lebar 2,5 M x  tinggi 10 cm.**(F. Arif/pendim )
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar