Desa Boros Bangun Gapura


Tanjungkerta,  Koran Sumedang
Gapura adalah pintu gerbang ketika memasuki suatu wilayah atau juga sebagai ciri tapal batas wilayah sehingga gapura itu cukup penting menandai wilayah itu. Seperti halnya Desa Boros Kecamatan Tanjungkerta saat ini sedang melaksanakan pembangunan gapura.
Dana Desa (DD) tahap ke I Desa Boros dialokasikan pembangunan gapura batas Desa Boros Tanjungkerta dengan Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua. Menurut Kades Boros Dadan Iskandar, gapura itu dibagun tahun lalu, dan pembangunannya saat ini merupakan lanjutan.
“Dibangunnya gapura ini dalam rangka penuntasan pembangunan yang tersisa, pada  tahun kemarin belum selesai. Sedangkan tujuan pembangunan gapura tersebut untuk mempermudah pengenalan batas daerah atau wilayah sehingga Desa Boros memiliki ciri dengan gapura itu,” ujar dia, diruang kerjanya, Jumat (13/7).
Pembangunan gapura terletak di Dusun Hariang Tonggoh itu merupakan hasil musyawarah masyarakat sehingga menghasilkan kata sepakat yang bertujuan untuk petunjuk batas desa dan petunjuk letak kantor Desa Boros sebab Desa Boros dilingkari dua desa yaitu Desa Cikurubuk, Desa Hariang Kecamatan Buahdua.
Masih ditempat yang sama Ketua TPK Unuk menambahkan, bukan hanya pembangunan gapura saja, tapi anggaran dari  DD ini bisa merabat beton gang serta pembuatan TPT. Sedangkan gapura ini sudah menelan anggaran sekitar RP 23 juta. Sedangkan ketinggian gapura itu hampir 4 meter.
“Pelaksanaan pembangunan gapura di Dusun Hariang Tonggoh Rt 01 Rw 07, dalam proses pengerjaannya berdasarkan hasil musyawarah para lembaga desa serta para tokoh masyarakat hingga sepakat bahwa DD tahap ke I  diperuntukan pembangunan gapura,” katanya.**[indang]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar