Dukung KLA Dinkes Siapkan PRA



Kota, KORAN SUMEDANG
Guna mendukung Sumedang sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang telah memverifikasi 8 Pukesmas sebagai Puskesmas Ramah Anak (PRA).
Adapun 8 Puskesmas tersebut, sebut Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sunedang, Uyu Wahyudin, yakni Puskesmas Situ, Puskesmas Cibugel, Puskesmas DTP Conggeang, Puskesmas DTP Jatinunggal, Puskesmas DTP Darmaraja, Puskesmas DTP Haurgombong, Puskesmas Rancakalong dan Puskesmas DTP Kota Kaler.
Uyu mengatakan, Puskesmas ramah anak tersebut harus dilengkapi askes, persalinan, pemberian makan pada bayi, dan pelayanan anak. Juga harus tersedia air minum dan sanitasi serta kawasan tanpa rokok.
"Terwujudnya kabupaten ramah anak bukan hanya untuk mengejar penghargaan semata, melainkan sebuah keharusan bagi pemerintah daerah," katanya.
Kedepan, kata Uyu, anak-anak harus merasa bangga tinggal di Kabupaten Sumedang ketika lingkungan dan kondisinya ramah anak.
Namun begitu, untuk mewujudkan kabupaten ramah anak, tentunya perlu campur tangan para ahli dibidangnya. Sehinggga semua SKPD diharapkan berperan secara maksimal dalam mewujudkan hal tersebut.
"Bagaimana kita bisa menciptakan sistem parenting dan memperhatikan psikologis anak serta faktor lainnya. Dan apakah nanti pelayanan kesehatan sudah terpenuhi oleh pemerintah daerah atau belum?," tukasnya.
Uyu menambahkan, upaya untuk menciptakan kabupaten atau kota ramah anak adalah dengan mewujudkan puskesmas ramah anak.
"Anak mempunyai hak yang harus bisa dilayani, seperti hak untuk bermain, berekreasi, dan berpartisipasi. Kemudian hidup dengan orangtua dengan perlindungan kelangsungan hidup tumbuh dan berkembang," tuturnya.
Selain itu, imbuh Uyu, anak juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dasar dan kesejahteraannya.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar