Hingga Triwulan Kedua, 5 Desa Belum Cairkan DD dan ADD


Kota, KORAN SUMEDANG
Sebanyak Lima Desa di Kabupaten Sumedang hingga saat ini belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa disebabkan berbagai kendala.
"Lima Desa tersebut belum mencairkan karena ada beberapa kendala diantaranya ada kepala desa yang meninggal dan juga permasalahan dengan internal desa seperti BPD nya," kata Kepala Bidang Keuangan dan Aset Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Ili, ketika dikonfirmasi Korsum, di ruang kerjanya, Jumat (29/6).
Lima Desa tersebut, lanjut Ili, antara lain Desa Mandalaherang Kecamatan Cimalaka, Desa Ciherang dan Baginda Kecamatan Sumedang Selatan, Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua dan Desa Linggajaya Desa Cisitu. "Informasi terakhir kelima desa tersebut untuk APBDes sudah selesai, tapi belum mengajukan pencairan," ucapnya.
Ili menegaskan, untuk dua desa yang masih ada permasalahan dengan BPD, pihaknya terus mendorong ke tingkat kecamatan agar segera menyelesaikannya.  “Untuk penyelesaian bisa dilakukan oleh pihak kecamatan terlebih dahulu, karena semuanya ada tingkatannya. Dan jika memang kita diminta untuk turut serta tentu saja pihaknya akan melakukannya," akunya.
Masih kata Ili, untuk beberapa desa yang dianggap masih ada permasalahan dari segi administrasi itu kewenangannya ada pada tim pemeriksa keuangan desa yaitu Inspektorat. "Biasanya kita bisa mengetahui mana saja desa yang dianggap ada permasalahan administrasi. Dan untuk itu pihaknya selalu melakukan kordinasi dengan pihak inspektorat Sumedang," katanya.
Ili juga menambahkan, untuk desa lainnya semuanya sudah mencairkan untuk DD dan ADD pada tahap pertama atau yang 20%. Dan untuk pencairan tahap kedua (40%) diperkirakan akan dimulai pada bulan Juli mendatang.
“Jadi, untuk tahap kedua akan rencananya akan dimulai pada bulan Juli ini,” pungkasnya.**[Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar