Jelang Pilkades Serentak, Para Calon Harus Bersih dari Narkoba


Kota, KORAN SUMEDANG
Dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada gelombang kedua pada 12 Oktober 2018 mendatang yang akan diikuti sebanyak 92, penjaringan untuk para calon kepala desa itu akan sangat ketat dengan aturan yang baru, yakni salahsatunya para calon kepala desa harus bersih dari urusan narkoba.
“Untuk desa desa sekarang ini sudah memasuki tahapan tahapan, bagi calon calon yang bukan dari petahana. Kemudian ada juga 28 desa yang akan ditarik pada masa baktinya 4 Desember 2018 yang akan mengikuti pelaksanaan dalam pilkades serentak gelombang kedua. Dan dalam pelaksaannya, kepala desa harus mengajukan cuti sampai pada penetapan calon bagi kepala desa yang masa baktinya hingga 4 Desember 2018,” ungkap Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Sumedang, H. Tedi Mulyono, saat dikonfirmasi Koran Sumedang, Kamis (28/6), di ruang kerjanya.
 Untuk pilkades serentak kali ini, kata H.Tedi, ada persyaratan baru bahwa harus bersih dari Narkoba yang akan di rekomendasikan oleh BNN setelah ada tes urine yang dilakukan oleh BNN Kabupaten Sumedang.
“Kami sudah mengirim surat kepada BNN Kabupaten Sumedang untuk para calon yang sudah ditetapkan agar memenuhi  persyaratan tersebut. Selain itu, soal utang piutang yang akan menjadi polemik baru dan itu harus terukur, bukan berarti para calon tidak boleh memiliki utang, namun utang tersebut jangan membebankan apabila nanti mereka terpilih,” tegasnya.
Dikatakan H. Tedi, ada tiga gelombang dalam pelaksanaan pilkades, untuk gelombang pertama pada tahun 2015, gelombang kedua pada tahun 2018 serta gelombang ketiga pada tahun 2020. Sementara, untuk pilkades atau gelombang tahun ini, animo masyarakat sudah bagus dan banyak peminat untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa.
“Terkait dengan anggaran pikades serentak tahun ini, hanya diberikan anggaran Rp 1,5 miliar, padahal kami mengusulkan Rp 2 miliar. Jadi, pelaksanaan pilkades perdesa hanya diberikan anggaran kurang lebih Rp 30 jutaan. Selain itu, untuk anggaran pelaksaan tes urine oleh BNN Kabupaten Sumedang, akan ditanggung oleh para calon,” ucapnya.**[Dady]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar