KPU Sumedang Targetkan 80 % Partisipasi Pemilih di Pilkada Sumedang


Kota, KORAN SUMEDANG
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang mentargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Sumedang tahun 2018 ini sebesar 80%. Target tersebut merujuk pada Pileg terakhir yang tingkat partisipasinya diangka 75%.
 “Jadi, target ini merujuk pada hasil partisipasi pemilihan pada pemilu terakhir yang mencapai 75%,” kata Divisi Teknis KPU Sumedang, Junan Junaedi, saat dikonfirmasi Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (28/6).
 Untuk mencapai target tersebut, lanjut Junan, pihak KPU sebelumnya gencar melakukan sosialisasi ke berbagai tempat atau kecamatan yang pada Pilkada 2013 jumlah partisipasinya sangat rendah. “Pada pilkada sebelumnya ada beberapa kecamatan yang yang jumlah partisipasinya rendah, makanya kita terus melakukan sosialisasi di daerah tersebut. Seperti dikecamatan Cisarua pada pada pilkada 2013 jumlah partisipasi masyarakat pada pencoblosan sangat rendah, dan untuk tahun ini kita berupaya kejadian tersebut tidak terulang,” ucapnya.
Masih kata Junan, selain dengan masyarakat pihaknya juga dibantu dengan stakeholder lainnya terus melakukan sosialisasi. “Selain dengan masyarakat, sosialisasi juga kita lakukan sebelum tahapan dengan DPRD, Partai Politik dan berbagai stakeholdes. Dan faktor lain yang kita pastikan akan meningkatkan partisipasi masyarakat adalah dengan Masa Kampanye yang yang cukup lama. Sehingga dengan begitu para paslon, timses dan juga parpolnya akan mempunyai waktu yang lama untuk mengenalkan jagoannya ke masyarakat. Dan mudah-mudahan dengan metode yang dilakukan para Paslon juga seperti blusukan dan kampanye tertutup bisa meningkatkan pastisipasi masyarakat untuk mencoblos jagoannya,” ujarnya.
Sementara pantaun KPU sendiri saat hari H pencoblosan, lanjutnya lagi, pihaknya berharap target 80% bisa tercapai. “Kemarin saat hari H juga kita mengadakan monitoring ke sejumlah TPS jumlah partisipasinya mencapai 80%. Dan jika melaihat situasi dilapangan dan beberapa indikator dilapangan mudah mudahan target tersebut tercapai. Dan untuk mencapai target tersebut pihaknya memang harus bekerja keras, dan dengan kerja keras tersebut kita berharap semuanya tercapai,” tandasnya.
Sementara itu dilansir Web resmi KPU Jawa Barat, hingga Jumat (29/6), menunjukan angka partisipasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serta Gubernur dan Wakil Gubernur mencapai 80,4% dengan dengan jumlah suara yang masuk 95% .**[Acep Shandy]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar