Panwaslu Sumedang Siap Terima Permohonan Gugatan Eks Napi yang Ditolak Nyaleg KPU

Kota, KORAN SUMEDANG
Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang, akan menerima permohonan sengketa bagi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang ditolak KPU karena eks napi tindak pidana korupsi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Divisi Penindakan pada Panwaslu Sumedang, Ade Sunarya bahwa, pihaknya akan menerima jika memang nanti ada permohonan gugatan sengketa, dari Parpol  yang Bacalegnya ditolak karena eks napi kasus korupsi.

"Sesuai dengan yang disampaikan ketua Bawaslu RI, kalau ada gugatan sengketa terkait hal tersebut Panwaslu akan menerima permohonan gugatan sengketa tersebut," tegasnya pada Korsum, Rabu (4/7).

Lebih lanjut Ade menuturkan, bahwa pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 ada klausul mengenai larangan eks terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi hal tersebut berbeda dengan UU Nomer 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang tidak ada klausul mengenai larangan tersebut.

"Jadi kalau menurut aturan hukum dan pendekatan hukum antara PKPU Nomor 20 tahun 2018 dan UU Nomor 7 tahun 2017 itu bertentangan. Sementara menurut tata urutan perundang undangan itu Undang undang itu urutannya diatas dan PKPU itu dibawah. Dan dalam hal ini Bawaslu sependapat dengan pemerintah untuk menganulir klausul tersebut." terangnya.

Akan tetapi Ade juga menyampaikan, bukan berarti Bawaslu memberikan kesempatan untuk eks napi kasus korupsi mencalonkan.

"Kalau secara moral dan etika, pihaknya juga sependapat kalau eks napi khususnya eks napi kasus korupsi tidak mencalonkan. Akan tetapi jangan sampai dicantumkan ke PKPU. Karena aturan untuk eks napi itu sudah ada UU Pemilu."ucapnya

Sementara untuk pendaftaran Caleg 2019 yang sudah dimulai hari ini,  Ade mengaku, pihaknya turut memantau semua tahapan baik dari sisi administrasi dan prosedurnya lainnya. "Untuk pileg dan Pilpres kita terus memantau semua tahapan," ** Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar