Pemda Sumedang Kembali Digugat Terkait Persoalan Jatigede



Kota, KORAN SUMEDANG
Didalam surat gugatan Hj. Warningsih yang dilayangkan pada tanggal 21 Juni 2018 kepada Gubernur Provinsi Jawa Barat Cq. Bupati Kepala Daerah TK. II Kabupaten Sumedang tergugat satu. Kepada Pelaksana Pembebasan Tanah (dahulu panitia sembilan) Kabupaten Sumedang tergugat II, Kepala BPN Sumedang tergugat III, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Cq.Direktorat Jenderal Sumber Daya Air balai besar wilayah sungai Cimanuk Cisanggarung Cq. Satuan Kerja non vertikal tertentu pembangunan waduk Jatigede sebagai tergugat IV dan Kepala Desa Pakuan Kecamatan Darmaraja sebagai tergugat V.

Isi surat gugatan tersebut menuntut sisa ganti rugi sebesar empat ratus empat puluh sembilan juta lima ratus tiga puluh lima ribu rupiah, serta menuntut atas kurang telitinya pengukuran lahan yang menyebabkan kerugian terhadap bapak Sabdi Bin Madhani atas perbuatan yang dilakukan oleh tergugat I, tergugat II, tergugat III, tergugat IV dan tergugat V.

Dikonfirmasi Koran Sumedang, Kamis (5/7), Kepala Sub Bagian Hukum di Bagian Hukum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Yan Mahal Rizal, mengatakan, bahwa gugatan yg diajukan oleh Hj. Warningsih, S.Pd merupakan hal yang wajar dan lumrah,dimana kita maklumi bahwa setiap negara mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum. Namun dalam hal ini, atas gugatan yang bersangkutan kita pun turut prihatin masih banyak dampak sosial yang dirasakan oleh warga Sumedang atas pembangunan mega proyek bendungan jatigede.

“Setiap warga negara menanggapi gugatan tersebut, kami selaku kuasa hukum Pemerintah Kabupaten Sumedang berperan aktif untuk penyelesaian proses persidangan supaya adanya kepastian hukum bagi penggugat yang dipermasalahkan dalam gugatan tersebut, pada pokoknya adanya tanah sisa orangtuanya yg belum dibayar, penggugat menuntut haknya,” ungka Rizal.

Bahwa dengan adanya perpres NO.1 TAHUN 2015 DAN KEPUTUSAN MENTERI PUPR NO.258/KPTS/M/2015 tahapan proses untuk warga yang akan menuntut haknya telah selesai dilaksanakan, oleh karena itu kami mengaggap permasalahan ini sudah clear, untuk selanjutnya atas gugatan tersebut akan kami tanggapi dalam penyampaian jawaban, dan akan mengikuti acara persidangan.**[Dady]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar