Pentingnya Sinkronisasi Perencanaan Desa dan Kabupaten

Kota, KORAN SUMEDANG
Guna mensinkronkan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sumedang, Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumedang menggelar Pelatihan Training of Trainer (TOT) Sinkronisasi Perencanaan bagi Forum Delegasi Musrembang (FDM).

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Sumedang, Sanusi Mawi mengatakan, dengan dilaksanakannya pelatihan TOT Sinkronisasi Perencanaan bagi Forum Delegasi Musrembang diharapkan bisa menjadi perencanaan yang baik dan sesuai dengan peruntukannya.

"Jadi dengan pelatihan ini FDM akan terjun ke lapangan, sehingga bisa mensingkronkan antara RPJMDes dan RPJMD Kabupaten Sumedang," tuturnya saat membuka pelatihan TOT Sinkronisasi bagi FDM di Hotel Amory Jl. Mayor Abdurachman, Selasa (31/7).

Sanusi menambahkan, dengan pelatihan ini juga agar FDM bisa terus memahami mengenai permencanaan anggaran demi berjalannya program di Kabupaten Sumedang yang selaras.

"Intinya harus selaras antara RPJMD desa, Kabupaten, Provinsi dan Pusat," pungkasnya

Sementara itu ditempat yang sama Kasubid Pemerintah pada Bappeda Sumedang, Deni Suhandani mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan agar nanti FDM diberi bekal apa saja yang harus dilakukan saat terjun kelapangan.

"FDM itu kan mitra kerja Bappeda tentunya harus terus mengawal usulan dan mensinkronkan perencanaan dari Desa dan Kabupaten," tuturnya

Deni juga menegaskan, pada intinya pelatihan ini FDM harus mengawal usulan yang sebelumnya sudah dilaksanakan ditingkat desa, yaitu Musrembang Desa dan hasilnya terus ditingkatkan ke Kecamatan dan Kabupaten.

"Intinya FDM harus bisa mengawal terus semua usulan dari masyarakat dan juga bisa mensinkronkan antara RPJMDes dan RPJMD," tandasnya ** Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar