Puluhan Mahasiswa STAI Ikuti Diklat KKN

Kota,  Koran Sumedang
Sedikitnya  60 orang  mahasiswa sekolah tinggi agama islam(STAI) Sebelas April Sumedang mengikuti pendidikan dan  pelatihan (Diklat)kuliah kerja nyata (KKN) pada  Kamis, (26/7)di aula STAI jalan Anggrek Situ no. 19 Sumedang.

Para peserta diikat KKN STAI Sumedang program  studi  pendidikan agama  islam (PAI)  dan Ekonomi Syari'ah (Eksyar).

Dalam  kegiatan tersebut mengambil tema "masjid sebagai sentral penguatan kelembagaan  sosial, pendamping masyarakat dan  keluarga." Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid yang berukuran kecil disebut musholla atau langgar. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan maupun pendidikan," ketua STAI Drs. Dindin Saefudin. M.M.pd.

Dikatakan, masjid sebagai sarana pendidikan. Salah satu fungsi masjid dalam islam adalah sebagai tempat pendidikan dan pengajaran." Pendidikan di masjid ditujukan untuk segala usia, dan mencakup berbagai macam pelajaran."jelasnya
Selain itu, lanjutnya, tujuan adanya pendidikan di masjid adalah untuk mendekatkan generasi muda kepada masjid.  Kelas-kelas untuk mualaf, atau orang yang baru masuk Islam juga disediakan di masjid-masjid di Eropa dan Amerika Serikat, dimana perkembangan agama Islam melaju dengan sangat pesat. Beberapa masjid juga menyediakan pengajaran tentang hukum Islam secara mendalam. Madrasah, walaupun letaknya agak berpisah dari masjid, tapi tersedia bagi umat Islam untuk mempelajari ilmu keislaman. selain dalam bentuk sekolah masjid juga berguna untuk pengajaran majelis ta’lim." Pungkasnya

Ditempat yang sama,  Nawari salah seorang  peserta mengaku tekesan  dengan kegiatan ini.  Pasalnya kegiatan  tersebut
dapat membantu  pengetahuan  serta wawasan  untuk prkatek  dilapangan." kami sangat terbantu  dengan  pembekalan ini sebab ada pengetahuan dan gambaran  untuk mahasiswa  yang  akan  terjuan ke masyarakat atau melaksanakan kuliah kerja nyata(KKN). **(Fathul Arif)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar