Ribbon KTP-el Kosong Lagi


Kota, KORAN SUMEDANG
Belakangan ini, proses pencetakan KTP elektronik di Kabupaten Sumedang kembali terganggu. Pasalnya, sudah seminggu ribbon dan film untuk KTP el sudah habis, ditambah pula ada gangguan jaringan dari pusat. Padahal ketersediaan blanko KTP masih banyak.
Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang drg. Agus Seksarsyah Rasjidi, ada masalah di servernya. Sekarang masih diperbaiki oleh tim dari pusat.
Menurutnya, ribbon dan film ini habis di luar perkiraannya.  Awalnya stok ribbon ini telah diperhitungkan bakal mencukupi hingg akhir tahun. Ternyata habis lebih cepat karena pihaknya harus mengejar pencetakan KTP untuk menghadapi Pilkada lalu.
“Kami pun sudah mengupayakan agar segera dilakukan pergeseran anggaran agar pencetakan ktp elektronik kembali normal. Saat ini kami sedang menunggu persetujuan, mudah mudahan tidak memakan waktu yang lama sehingga masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan tidak terganggu,” katanya.
Agus akan mengusahakan di akhir minggu ini ribbon dan film sudah tersedia kembali karena tim anggaran juga sudah menggodok pergeseran anggaran.
“Jika kebutuhan untuk pengadaan ribbon dan film ini benar-benar sudah teranggarkan di dokumennya, maka kita akan menghubungi pihak ketiga agar bisa segera mendrop ribbon dan film yang diperlukan," ungkapnya.
Sementara Kepala Bidang Pebgelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Sumedang, Agus Beni Triyadie menyebutkan, berdasarkan data yang tercatat di Disdukcapil Sumedang, hingga akhir bulan juni 2018 masih ada sekitar 28.241 orang yang belum memiliki KTP el dan sekitar 5 ribu tersebar di 26 kecamatan yang harus melakukan rekam data ulang.
“Untuk rekam data atau enroll KTP el bisa dilakukan di tiap-tiap kecamatan atau bisa langsung di kantor Disdukcapil jika alat rekam di kecamatan mengalami gangguan. Tapi kalau untuk pencetakan KTP-nya, hanya bisa dilakukan di kantor Disduk saja,” pungkas Beni.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar