Tak Dibenarkan Pilkades Pungut Uang ke Warga

Tanjungkerta, Koran Sumedang
Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tidak dibenarkan memungut uang kepada masyarakat untuk biaya Pilkades. Sebab Pemda Sumedang sudah dianggarkan sekitar Rp 15 juta perdesa dalam penyelenggaraan Pilkades.

Pernyataan tersebut, dilontarkan Camat Tanjungkerta, Beni Triaji, dalam sambutannya di acara pembentukan sekaligus pelantikan panitia Pilkades di Desa Gunturmekar Kecamatan Tanungkerta, Rabu kemarin (4/7).

Namun, kata camat, jika anggaran yang Rp 15 juta itu masih kekurangan, maka dianjurkan harus mengalokasikan dari anggaran perubahan (ADD), terkecuali ada donatur yang siap membiayai kekurangan biaya Pilkades tersebut.

Disebutkan, pelaksanaan Pilkades secara serentak berdasarkan keputusan Bupati Sumedang Nomor 141.1/Kep.160.DPMD/2081 tentang penetapan Hari, Tanggal, Bulan, Tahun dan Nama Desa pelaksanaan pemilihan Kepala Desa secara serentak gelombang kedua Tahun 2018.

“Tujuh Kepala Desa di Kecamatan Tanjungkerta tahun 2018 ini habis masa jabatannya, dimana  4 desa saat ini telah dijabat oleh PNS Kecamatan (Plt). Dalam waktu ini, Badan Permusyawaratan Desa (BDP) telah melaksanakan pembentukan dan pelantikan panitia pemilihan kepala desa,” terangnya.

Berdasarkan Peraturan Bupati Sumedang nomor 113 tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Bupati Sumedang nomor 74 tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Sumedang nomor 2 tahun 2015 tentang tata cara pencalonan, pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.

“Pelaksanaan pembentukan dan pelantikan panitia Pemilihan Kepala Desa oleh Ketua BPD. Sementara Tripika Kecamatan bertindak sebagai pengarahan dan pendampingan agar panitia melaksanakan dalam tugasnya mengacu kepada peraturan sehingga tidak terpengaruh oleh calon kades,” tuturnya.**[indang]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar