Goa Peningalan Belanda Ditemukan


Sumut, Koran Sumedang
Warga Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara belum lama ini menemukan goa yang dipastikan goa tersebut peninggalan penjajah Belanda. Goa yang dinamai warga setempat Goa Batarai itu, kini sedang digali karena kondisinya tertimbun tanah dan ditumbuhi pepohonan.
Seperti diungkapkan aparat Desa Mekarjaya Apit.  Situs Goa Batarai peninggalan Belanda, kata dia, ditemukan warga sekitar di blok Pangaduan Hayam terletak ditanah Kas Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara.
Diakui, goa tersebut sudah lama diketahui wraga sekitar, namun saat itu keberadaanya diabaikan. Sehingga saat ini, goa digali yang rencananya akan dijadikan tempat distinasi wisata yang juga sebagai ikon wisata Desa Mekarjaya.
“Goa itu diperkirakan dibangun penjajah Belanda tahun 1917 yang diketahui ada 3 bangunan tembok dengan 4 lubang goa yang ukurannya masing-masing bangunan 3 meter persegi. Saat ini warga sedang membuka jalan akses dan menggali kedalam goa karena saat ini belum diketahui didalam goa itu ada apa,” tutur dia di Desa Mekarjaya, Senin (23/7).
Batarai yang artinya Batre, lanjutnya, karena goa waktu itu oleh Belanda sebagai tempat pengintai musuh karena posisinya diatas bukit sekitar 1,5 kilometer dari posisi kantor desa. Kondisi bangunan goa saat ini masih tertutup tanah dan terus dilakukan penggalian kedalaman goa itu.
“Menurut para orang tua (kakek), katanya dulu di dalam goa  ada ruangan untuk penembakan Meriam karena goa itu berfungsi untuk menghadang tentara Jepang akan mendarat di Kalimantan yang lewat laut Jawa Indramayu (Pantura) yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari posisi goa,” jelasnya.
Ditambahkan, desa sudah anggarkan DD sekitar Rp 300 juta untuk menata tempat tersebut. Sebab rencananya Goa Batarai Peninggalan Belanda itu akan dijadikan  tempat wisata situs sejarah karena goa itu sudah terdaftar di Disbudpora sebagai situs  warisan sejarah berskala nasional.**[yf saefudin]


Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar