Jelang Perayaan Hari Kemerdekaan Panwaslu Tingkatkan Pengawasan

Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang meningkatkan pengawasan, untuk
mengantisipasi moment hari raya kemerdekaan indonesia, 17 Agustus 2018, dijadikan ajang kampanye oleh Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ataupun Partai Politik tertentu yang akan bertarung pada Kontestasi Pemilu 2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh Divisi Hukum, Penindakan dan Pelanggaran pada Banwaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya bahwa, pihaknya tentunya akan meningkatkan pengawasan apabila nanti moment perayaan hari kemerdekaan republik indonesia ini dijadikan ajang kampanye oleh Bacaleg.

"Sah sah saja kalau misalkan Bacaleg mau berpartisipasi dalam acara perayaan tersebut. Asalkan jangan mengatasnamakan Bacaleg dari partai tertentu,"tuturnya saat dikonfirmasi Korsum di Kantor Panwaslu, Senin (6/8).

Ade juga menegaskan, sesuai dengan Surat Edaran dari Bawaslu RI No 0315/K.Bawaslu/PM.00.00/II/2018 tentang pengawasan pelaksanaan kampanye pemilu kepada Parpol Peserta Pemilu. Serta Surat dari Bawaslu No S 0691/K. Bawaslu.PM.00.00/V/2018 tentang pengawasan pelaksanaan kampanye sebelum jadwal tahapan kampanye 2018.

"Jadi berdasarkan edaran tersebut kita akan terus mengawasi, walaupun sebelum tahapan kampanye dimulai," tegasnya

Selain itu Ade juga mengatakan, bukan hanya Bacaleg saja yang diawasi tetapi juga Partai Politiknya. Karena untuk Parpol sendiri sudah ditetapkan sebagai peserta pemilu sejak 26 Februari 2018.

"Kalau sosialisasi di publik harus seijin Pemerintah setempat, seperti pemasangan bendera. Sementara parpol juga diperbolehkan melakukan sosialisasi di internal parpolnya saja dan itu harus seijin KPU dan Panwaslu," ucapnya

Untuk itu Ade berharap, peran serta masyarakat guna meningkatkan pengawasan dan untuk mengantisipasi perayaan hari raya tersebut dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi Bacaleg partai tertentu.

"Kita sangat mengharapkan peran serta masyarakat, jika moment tersebut dimanfaatkan oleh Bacaleg tertentu," pungkasnya ** Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar