Kades Petahana Asep Casdita Tawarkan Program BUMdes Kepada Warga

Ujungjaya,  Koran Sumedang
Jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Ujungjaya  Kecamatan  Ujungjaya, Petahana Asep Casdita  menawarkan  program Bumdes kepada masyarakat setempat. 

Menurut Asep Casdita,  melalui Bumdes akan  banyak pelaku usaha dari masyararakat  yang dapat dilibatkan dan akan menikmati hasilnya kelak. "Ada berbagai jenis usaha dalam Bumdes diklasifikasikan kedalam 6 klasifikasi terdiri dari bisnis sosial, yang merupakan jenis usaha bisnis sosial dalam Bumdes karena dapat melakukan pelayanan publik kepada masyarakat. Dengan kata lain memberi keuntungan sosial kepada warga, meskipun tidak mendapatkan keuntunggan yang besar. Bumdes akan menjalankan bisnis uang yang memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat desa dengan bunga yang lebih rendah daripada bunga uang yang didapatkan masyarakat desa dari para rentenir  atau bank-bank konvensional.

Lalu Bumdes dalam bidang bisnis Penyewaan, karena Bumdes bisa menjalankan bisnis penyewaan untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat dan sekaligus untuk memperoleh pendapatan desa. "Jelas Asep Casdita ditempat aktivitasnya, Rabu (8/8).

Lebih jauh ia mengatakan, Bumdes akan menjadi Lembaga Perantara' yang menghubungkan komoditas pertanian dengan pasar atau agar para petani tidak kesulitan menjual produk mereka ke pasar atau Bumdes menjual jasa pelayanan kepada warga dan usaha-usaha masyarakat. Selain itu bisa menjalankan bisnis yang berproduksi atau berdagang barang-barang tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun dipasarkan pada sekala pasar yang lebih luas.

"Jadi dengan program ini ikut juga mensuksesakan program pemerintah pusat karena dapat juga menjadi 'Usaha Bersama'
atau sebagai induk dari unit-unit usaha yang ada di desa, dimana masing-masing unit yang berdiri sendiri-sendiri ini, diatur dan ditata sinerginya oleh BUM Desa agar tumbuh usaha bersama." Paparnya.

Sementara Ade (45) warga setempat berharap agar pengelolaan BUMDes di Desanya bersinergi dengan usaha kerakyatan. Pasalnya itu demi menghindari potensi Bumdes yang justru menjadi pesaing usaha rakyat." Bumdes fungsinya rumah besar, jadi harusnya bisa merangkul berbagai jenis usaha rakyat, toko kelontong misalnya. Malah diharapkan Bumdes bisa menjadi media pemasaran berbagai jenis usaha rakyat ini." Ungkapnya saat di hubungi melalui Pesan Whatsapp. Pada Jumat, (10/8).

Ia juga menambahkan diperlukan keseriusan pemerintahan dalam mengelelola Bumdes," perlu adanya perhatian serius oleh pihak pemerinta desa, karena Bumdes ini merupakan Motor penggerak ekonomi desa. Dengan adanya perhatian serius, maka akan bisa menghasilkan PADes." imbuhnya**(F. Arif)
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar