Kemitraan Parpol Tahun 2018 Guna Menciptakan Stabilitas Daerah Jelang Pemilu 2019

Kota, KORAN SUMEDANG
Guna menjalin kebersamaan dalam menciptakan stabilitas Daerah menjelang pemilu 2019 di Kabupaten Sumedang. Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang menyelenggarakan kegiatan Kemitraan Partai Politik Tahun 2018.

Menurut Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang, Yayah Rohayah Atang mengatakan bahwa, diadakannya kegiatan kemitraan Parpol ini untuk meningkatkan sinergitas dan partisipasi Parpol dalam membangun sistem politik dan demokrasi di Kabupaten Sumedang.

"Pemerintahan Daerah bertanggung jawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah, khususnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih," tuturnya pada Korsum diruang Rapat Tajimalela Bappeda Sumedang, Selasa (14/8).

Selain itu, lanjut Yayah, dengan diadakannya kegiatan ini bisa terciptanya kemitraan antara Partai Politik dan Pemerintah yang sinergis dalam membangun
sistem demokrasi di Kabupaten Sumedang. Serta meningkatnya sistem politik yang partisipatif dan akomodatif.

"Selain itu juga guna meningkatnya peran dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan stabilitas politik di Kabupaten
Sumedang," ucapnya

Sementara hasil yang diharapkan dari kegiatan Kemitraan Partai Politik ini, lanjutnya lagi, guna meningkatnya pemahaman dan wawasan peserta akan peran dan fungsinya guna meningkatkan kemitraan Partai Politik dan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Meningkatnya tanggungjawab moral Partai Politik dan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam membangun sistem demokrasi.

"Dan juga terciptanya stabilitas politik dalam mendukung program
pembangunan di Kabupaten Sumedang," harapnya

Ditempat yang sama, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Jawa Barat H.Khoirul Naim mengatakan, partai politik sebagai pilar demokrasi merupakan subsistem pembangunan dari sistem politk yang ada di Indonesia yang demokratis guna mendukung sistem presidentil yang efektif. Selain itu Partai Politik juga sebagai suprastruktur politik di Indonesia memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis dalam menunjang dan membangun sistem demokrasi.

"Pembinaan dan kemitraan Partai Politik masih diperlukan dalam rangka menjalin hubungan yang
harmonis dan sinergis guna mewujudkan stabilitas politk dan demokrasi di Indonesia, termasuk kehidupan politik yang ada di Kabupaten Sumedang," tuturnya

Sementara salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menyikapi hal tersebut, lanjutnya, antara lain adalah dengan menjalin kemitraan yang lebih kuat antara Pemerintah Daerah dengan Partai Politik yang ada di Kabupaten Sumedang untuk bersama-sama melakukan sosialisasi. Dan berperan aktif dalam mendukung setiap tahapan Pemilu tahun 2019.

"Dengan menjalin kemitraan, bisa terciptanya kondusifitas daerah dalam penyelenggaraan pilkada yang aman dan lancar," pungkasnya

Pada kegiatan Kemitraan Partai Politik tersebut dihadiri oleh sejumlah peserta dari unsur Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang, Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang dan juga perwakilan dari semua Partai Politik yang akan bertarung pada Kontestasi Pemilu 2019. **Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar