Ciptakan SDM Berkualitas dan Berjiwa Wirausaha, UPT BPK Disnakertrans Berikan Pelatihan Kerja Gratis

Kota, KORAN SUMEDANG
Sebanyak 144 orang calon pencari kerja dan wirausaha baru di wilayah Kabupaten Sumedang mengikuti Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja pada Kegiatan Pembinaan Kemampuan dan Keterampilan Kerja Masyarakat Di Lingkungan Tembakau dan Penghasil Tembakau (DBHCHT), Senin (6/8) di Gedung Serbaguna UPT Balai Pelatihan Kerja (BPK) Sumedang.

Para calon tenaga kerja tersebut merupakan pencari kerja dan wirausaha baru yang berasal dari lingkungan masyarakat petani tembakau dan masyarakat umum di wilayah Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Dikdik Sadikin mengatakan, penyelenggaraan pelatihan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang Nomor 900/Kep-122/DTKT/2018 tanggal 6 Agustus 2018 tentang Penyelenggaraan Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja.

"Tujuannya untuk menghasilkan calon tenaga kerja yang potensial sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu membangun dirinya sendiri serta memiliki jiwa berwirausaha sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan dituntut dapat menciptakan lapangan kerja baru," katanya.

Dijelaskan, untuk program wirausaha baru, UPT Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Sumedang mengadakan berbagai macam pelatihan seperti program mekanik sepeda motor, kejuruan las smaw, operator jahit, penata rias, teknik finishing kayu, pengolahan ikan dan program program lainnya.

"Pelaksanaan program kegiatan pelatihan dimulai pada hari ini (6/8) sampai dengan 12 September 2018 dan akan dilaksanakan berdasarkan jadwal pelatihan," ujarnya.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh UPT Balai Pelatihan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang ini diberikan secara gratis dan peserta pelatihan akan dinyatakan lulus dan berhasil mendapatkan sertifikat kelulusan apabila memenuhi syarat.

"Syaratnya adalah peserta harus mencapai nilai rata-rata latihan, kehadiran minimal 90 persen serta memiliki sikap dan etika yang baik selama mengikuti pelatihan," terang Dikdik.

Usai membuka acara pelatihan, Pj Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto mengatakan, para peserta pelatihan harus mampu berinovasi, berkreasi dan menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Saya sangat mendukung program pelatihan kerja seperti ini. Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan calon tenaga kerja yang potensial, yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha, mandiri serta memiliki jiwa berwirausaha," katanya.

Sumarwan mengingatkan para peserta agar bersikap disiplin, bertanggung jawab dan menerapkan etika yang baik selama mengikuti pelatihan.

"Saya berpesan, agar para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengalaman, wawasan dan pengetahuan sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja.Partisipasi aktif dari para peserta sangat dibutuhkan agar nantinya dapat diimplementasikan di dunia kerja masing-masing," pungkasnya.**[hendra]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar