Dengan Website Yang Terintegrasi, Pelayanan Publik di Desa Akan Lebih Mudah dan Cepat

Tomo, KORAN SUMEDANG
Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) yang berbasis komputer diyakini dapat memudahkan Desa dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan SIDEKA, Maman Koswara bahwa, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, tentunya pemerintahan desa juga mengikuti perkembangan jaman. Website SIDEKA merupakan salah sistem yang menjadikan semua data yang ada dimasing-masing aplikasi di Desa bisa terintegrasi.

"Semua data dan informasi Desa yang sudah di input ke dalam sistem SIDEKA, akan dengan mudah membantu desa melakukan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, dan pemetaan situasi untuk pengambilan keputusan secara cepat dan akurat," tuturnya pada Korsum, usai melaksanakan pelatihan sistem SIDEKA bagi Perangkat Desa se Kecamatan Tomo di Desa Marongge, Minggu (16/).

Lebih lanjut Maman Koswara mengatakan, dengan SIDEKA desa akan mampu dengan mudah melakukan menyelenggarakan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, dan pemetaan situasi secara terbuka dan lebih luas. Karena data yang ada pada aplikasi SIDEKA meliputi Data kependudukan, Data potensi ancaman bencana desa, Siskudes, Data Penduduk, Produk unggulan desa, Peta desa interaktif, Data indeks kemiskinan serta masih banyak lagi data yang di input di sistem SIDEKA.

"Aplikasi ini juga berjalan secara offline dan online dan menjadi salah satu rujukan dasar dan memberikan fungsi layanan yang lebih mudah di tingkat desa. Selain itu juga desa yang sudah mempunyai Website SIDEKA ini juga akan otomatis terkoneksi dengan Website sebelas kementerian," ucapnya

Maman Koswara berharap, semua desa di Kabupaten Sumedang dapat mempunyai aplikasi website sideka ini, sehingga pemerintah atau dinas bisa mempunyai dasboard.

"Jadi ketika dinas memerlukan data dari desa, bisa langsung masuk ke dasboard masing-masing dinas dan masuk desa yang dituju, maka akan keluar data yang dibutuhkan. Begitu juga dengan desa sendiri dengan aplikasi SIDEKA, pelayanan di Desa akan lebih cepat selesai," pungkasnya ** [Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar