Pasca Kebakaran Bank BRI Unit Regol Puluhan Tahun Jaminan Sertifikat Atas Nama Hanafi Lenyap


Kota, KORAN SUMEDANG
Pasca kebakaran Bank BRI unit Regol pada tahun 2007 hanya sebagian kecil data nasabah dan agunannya yang terselamatkan, agunan tersebut diantaranya sertifikat tanah serta SK PNS dan SK Pensiunan. Permasalahan lenyapnya agunan tersebut, sudah diKembalikan lagi oleh pihak Bank BRI unit Regol sebagai pertanggungjawabannya, terkecuali sertifikat atas nama Hanafi dengan luasan tanah kurang lebih 5 bata milik Ibu Jua (sekarang sudah alm) yang dijaminkan oleh putranya pak Lili hingga saat ini sudah lebih dari 11 tahun (pasca kebakaran) sertifikat tersebut belum kembali.
Hal tersebut, dibenarkan oleh pihak keluarga ibu Jua (alm), Yayat menjelaskan bahwa hingga saat ini sertifikat atas nama Hanafi itu belum kembali, padahal pihak keluarga sudah sangat sering datang ke mantri Bangbang (pegawai BRI) yang waktu itu bertugas menggantikan mantri sebelumnya. Entah apa kendalanya dan sertifikat yang dijaminkan belum saja ada seiring dengan tanah dan rumah kami pun menjadi tak bertuan.
“Kami setiap ada kesempatan pasti datang ke pak mantri Bangbang (sekarang menjadi kepala unit Ciuyah) untuk mempertanyakan sertifikat itu dan pak Bangbang selalu akan membantu, hasilnya sampai puluhan tahun masih nihil adapun yang pernah diganti sertifikat itu oleh pihak bank BRI unit Regol bukan sertifikat yang dianggunkan melainkan sertifikat yang sudah ada sehingga sertifikat menjadi dua, sementara, sertifikat yang dianggunkan belum ada,” ungkap Yayat, pihak dari keluarga ibu Jua alm saat dikonfirmasi Koran Sumedang Rabu (5/9) di tempat aktivitasnya.
Pokoknya pihak keluarga, kata Yayat, inginkan sertifikat itu ada lagi, dan masih menunggu kapan pihak BRI unit Regol akan menggantinya setelah puluhan tahun tanah dan rumah kami menjadi tak bertuan, sangat berdampak sekali ketika ada kepentingan lebih jauhnya semisal akan dijual tentunya akan sulit dan tetap kami yang dirugikan meski kredit sudah selesai puluhan tahun lalu.
Beda halnya dikatakan Kepala Unit Bank BRI Ciuyah, Bangbang, yang dulu pernah bertugas sebagai mantri pasca kebakaran tersebut di unit Regol, mengatakan bahwa dirinya (Bangbang) hanya meneruskan tugas dari mantri sebelumnya, jadi ketika kebakaran itu dirinya belum bertugas di unit Regol.
“Pihak BRI sudah menggantikan jaminan jaminan yang ikut terbakar waktu itu, semua diselesaikan oleh pihak BRI karena masih pertanggungjawaban pihak BRI. Termasuk yang sertifikat atas nama ibu Jua sudah digantikan kembali pada tahun 2009, kami mengira bahwa permasalahan sudah selesai, namun, muncul kembali permasalahan dari putrinya ibu Jua (alm) yaitu ibu Nasih, bahwa diketahui sertifikat ada dua ketika ibu nasih mau mengalihkan nama di sertifikat menjadi nama Nasih dari ibu Jua(alm) oleh BPN, akhirnya sertifikat di tarik yang satunya oleh pihak BPN karena ada sertifikat ganda,” jelas Bangbang saat dikonfirmasi Koran Sumedang, Jumat (7/9), di ruang kerjanya BRI unit Ciuyah.
Dalam hal ini, kata Bangbang, pihak bank BRI bukan tidak bertanggungjawab melainkan ingin menyelesaikan segala permasalahannya, artinya penggantian sertifikat atas nama ibu Jua tersebut sudah diganti namun salah sasaran, karena minimnya data karena kebakaran waktu itu, dan sekarang dipastikan akan diselesaikan lagi silahkan kordinasikan dengan pihak unit Regol.
Di waktu yang sama, Ditemui Kepala bank BRI unit Regol, Totong, mengatakan, dengan tegas bahwa pihaknya akan menyelesaikan kekeliruan ini, dan pihaknya akan segera mengurusnya kembali serta akan merunut dari awal agar tidak terjadi kesalahan seperti sebelumnya, dan dirinya akan langsung ke rumah ibu Jua alm untuk kordinasi.
“Kami akan merunut kembali dan mencari informasi dan data kembali jangan sampai ada kekeliruan karena kami mengira aman aman saja pasca kebakaran tersebut karena semuanya sudah diselesaikan, dengan kejadian ini, kami akan segera menyelesaikannya, jadi tetap hal ini masih pertanggungjawan pihak BRI,” tegasnya.**[Dady]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar