Pawai Obor dan Istighosah Cara Masyarakat di Cisitu Sambut Tahun Baru Islam

Cisitu, KORAN SUMEDANG
Ribuan masyarakat dari seluruh Desa di Kecamatan Cisitu, sambut
tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyyah dengan Pawai Obor  diteruskan dengan Istighosah dan Tabligh Akbar di Mesjid Besar Al Hidayah.

Menurut Camat Cisitu, Ari Kusnadi menyebutkan, pawai obor untuk menyambut tahun baru, terus dilakukan setiap tahunnya oleh para santri di wilayah Sumedang dan merupakan wujud syukur bagi seluruh umat muslim.

"Pawai obor sendiri bisa mengandung makna, dimana dalam kegelapan selalu ada penerangan. Dan Bulan Muharram sendiri menurut Islam merupakan bulan yang dihormati selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab. oleh sebab itu, Beberapa amalan juga bisa dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru Islam. seperti, Do'a akhir tahun dibaca untuk menutup tahun," ujarnya pada Korsum melalui pesan WhatSappnya, Senin (10/9).

Ari juga menambahkan, pada kesempatan kali ini semua peserta pawai obor mengambil rute Malingping, Dustan, Corenda Situmekar. Dan dari Desa Cinangsi Linggajaya, Corenda Situmekar.

"Alhamdulillah semua peserta pawai obor sangat antusias. Dan mereka terus melantunkan takbir dan sholawat terus bergema sepanjang jalan guna menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyyah," ucapnya

Ari juga menambahkan, tahun baru islam 1 Muharram 1440 bisa menjadi momen pergantian tahun baru sebagai salah satu sarana untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala semoga kedepan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. ** Acep Shandy
Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar